3 Gagal, 4 Oppo, Oleh : La Ode Diada Nebansi – Kendari Pos
Kolom

3 Gagal, 4 Oppo, Oleh : La Ode Diada Nebansi

La Ode Diada Nebansi (Direktur Kendari Pos)

KENDARIPOS.CO.ID — Rakyat Muna, Wawonii, Konawe Utara, Buton Utara, sudah membuktikan: incumbent kalah. Wakatobi pun boleh dikata, incumbent kalah. Itu artinya, daerah sempit yang menggelar Pemilihan Kepala Daerah, amat sangat tergantung dari kualitas personality kandidat. Dalam situasi ini, yang rawan pertarungan adalah mereka yang dalam posisi incumbent.

Rawan karena rakyat sudah menyaksikan performa pemerintahannya. Rakyat mahfum, anda menjadi bupati bukan gratis dan karena itu, kolusilah. Tapi, kolusinya jangan kebangatan. Korupsinya juga jangan lebih dari 40 persen. Mereka tahu, jauh sebelum terpilih sebagai kepala daerah, bahkan anda baru digadang-gadang sebagai bakal calon bupati, sudah kebanjiran proposal. Sudah kebanjiran permintaan sumbangan. Baru disebut di Medsos sebagai kandidat kepala daerah sudah kebanjiran tamu dengan muka-muka kawolasan. Kebanjiran anak muda yang menamakan diri intelektual muda dan memanggilmu: Kandaa, yang artinya: odoi tora.

Rakyat memaklumi itu semua. Bahwa, kamu banyak mengeluarkan uang. Bahwa pemanggil “Kandaa” saja sudah merobek kantong, apalagi yang namanya Kanda Jakarta yang lengkap dengan Lu-Gua-nya. Uang panai, untuk partai. Benar, Ketum Partai berapi-api pidato tanpa mahar, tanpa mahar, tanpa mahar. Preketek. Rakyat tahu, bahwa menjadi bupati, tidak gratis. Pooh, mahal hae biayanya. Oleh karena itu, jujur 60 persen sudah sangat luar biasa. Zaman samene, jujur 60 persen kayaknya WTP-lah.

Dengan performa jujur 60 persen saja, yakinlah, laju ke periode kedua tak bakal terbendung. Nah, sekarang kamu incumbent berada di posisi mana? Apresiasi terhadap team work yang dulu memenangkanmu seperti apa? Distribusi jabatan seperti apa? Distribusi proyek seperti apa? Rakyat menstabillo, tiga komponen ini sebagai parameter utama apakah kamu lanjut atau barenti. Kenapa team work? Ya, karena suksesmu bukan sukses sendiri tapi sukses bersama orang-orang yang ber-SISI menang. Sudah cukup banyak bukti, kepala daerah yang meninggalkan tim pemenangannya akhirnya kalah.

Karena itu, jangan tinggalkan tim pemenanganmu dulu. Karena bisa jadi, kamu kalah karena dikitari orang-orang rapi, orang-orang pelit, orang-orang takabur, orang-orang sial. Tapi ini bukan retorika ilmiah, ini retorikanya Wa Rufi ketika melempar rumah tetangganya yang terbakar dengan sebiji telur lalu angin berubah arah hingga pondo-pondonya yang beratap alang-alang tak terbakar. Jadi, tim sukses penting untuk diperhatikan karena di dalam Tim Sukses baru, bisa jadi anda akan dikelilingi orang-orang ber”sisi” kalah.

La Kepe bilang, jika anda seorang petarung, dan hari bertarungmu adalah hari Kamis, maka pakailah baju berwana merah.
Bagaimana dengan distribusi proyek? Nah, ini juga. Penting. Distribusilah proyek kepada orang yang akan memegang kendali serangan fajar. Kenapa? Karena serangan fajar juga bagian dari demokrasi. Itu yang incumbent. Ketahuilah, rakyat akan melacak track recordmu. Nah, sekarang kamu yang penantang, sebelumnya kokerja apa? Jika kamu pengusaha maka yang akan ditanyakan, berapa koisi amplop ketika menghadiri pesta nikah.

Jika kamu, pejabat, maka yang akan ditanyakan masyarakat adalah, bagaimana manajerial kepemimpinannmu. Kalau ketahuan bahwa SPPD kamu borong sendiri, undangan Kesbang kosuruh staf, giliran undangan Dinas ESDM kohadiri sendiri, undangan kerukunan keluarga kominta diwakilkan, giliran undangan kerukunan pengusaha kopergi sendiri, maka jammi koberharap dipilih. Jikalau kualitas kolusinya nomor satu, kualitas nepotismenya tak ketulungan, maka jangan harap. Kekalahan di depan mata. Nah, dari tujuh daerah yang akan menggelar Pilkada di Sultra, berdasarkan telaahan Wa Rufi, rasa-rasanya posisi 3-4. Artinya, 3 gagal, 4 oppo. (nebansi@yahoo.com)

Penulis : La Ode Diada Nebansi (Direktur Kendari Pos)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top