UPTD Museum dan Taman Budaya Sultra Gelar Pameran Sejarah – Kendari Pos
Metro Kendari

UPTD Museum dan Taman Budaya Sultra Gelar Pameran Sejarah

KENDARIPOS.CO.ID — Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum dan Taman Budaya Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pameran sejarah. Kegiatan yang dilaksanakan akan berlangsung mulai 25 Juni hingga 1 Juli ini, bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sejarah dan budaya masyarakat Sultra. Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya, Dodhy Syahrulsah, mengatakan pameran ini sebagai momentum memperkenalkan kembali kepada masyarakat beberapa kebudayaan serta peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di Sultra.

Bila tidak dilakukan, kata dia, kemungkinan paham akan budaya bagi generasi muda akan luntur perlahan-lahan. Ini juga sebagai langkah, untuk mengembalikan eksistensi museum, sehingga menjadi daya tarik masyarakat untuk berkunjung. “Kita akan memperlihatkan bagaimana sejarah berdirinya Sultra, serta beberapa kabupaten yang ada. Pengunjung juga diperlihatkan beberapa peninggalan-peninggalan sejarah, serta benda-benda unik lainnya hasil kerajinan masyarakat Sultra,”ungkap Dodhy.

Katanya, pameran ini juga dimeriahkan dengan ragam kegiatan-kegiatan budaya Sultra. Paling tidak masyarakat lebih memahami tentang sejarah beberapa budaya Sultra. Termasuk momen untuk melestarikan dan mengembangkan budaya lokal. Sehingga pengetahuan tentang budaya lokal, tidak mudah terkikis oleh masuknya budaya-budaya asing.

Sementara itu, Kepala Seksi Museum, Yustinus Latuanda mengatakan materi pameran yang terpajang diangkat dari sejarah pembentukan, lahir dan fungsi Museum Sultra. Koleksi benda sejarah di Museum, kata dia, terbagi dalam 10 jenis koleksi yang dipilah menjadi 5.334 koleksi. Sepuluh koleksi adalah filologi, geologi, biologika, etnografi, arkeologi, numismatik heraldik, keramik, firologi, seni rupa dan teknologi. Itulah yang terbagi menjadi ribuan koleksi yang terpajang di Museum selama ini. Untuk diketahui, pameran sejarah 25-29 Juni
, pameran seni rupa di galeri Taman Budaya 26-30 Juni
, lomba lagu daerah 25-27 Juni, seminar sejarah dan budaya Tolaki 25 Juni, seminar budaya Moronene 26-27
Juni, seminar sejarah dan budaya Muna 28 Juni, serta seminar budaya Buton
1-2 Juli. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy