Tips Mudik Lebaran Idul Fitri Ala Garuda Indonesia – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Tips Mudik Lebaran Idul Fitri Ala Garuda Indonesia

KENDARIPOS.CO.ID — Hari Raya Idul Fitri semakin dekat, tentunya banyak yang akan pergi berlibur atau pulang ke kampung halaman bertemu keluarga. Dalam persiapan liburan ini, Anda tidak perlu pusing karena Garuda Indonesia memberikan banyak kemudahan dan fasilitas untuk kenyamanan liburan Anda bersama keluarga.

Jajaran Management dan Staf Operasional Garuda Indonesia di Bandara Haluoleo Kendari memberikan lamabaian selamat jalan buat penumpang pesawat Garuda Indonesia beberapa waktu yang lalu.

Branch Office Garuda Indonesia Cabang Kendari, Tommy Chrisbiantoko mengatakan, saat ini pihaknya menghadirkan layanan kantor “One Stop Service” di kantor penjualan Garuda Indonesia di Kendari yaitu di Jalan Ahmad Yani No. 4, dimana Anda dapat memesan tiket Garuda Indonesia maupun Citilink, Sriwijaya Air dan Nam Air, serta menikmati fasilitas city check-in, transaksi Garuda Miles dan Customer Service. 

“Namun jangan khawatir jika Anda tidak ada waktu untuk datang ke kantor penjualan. Kami menyediakan layanan 

pemesanan melalui telpon di (0401) 3129777 atau melalui WhatsApp Service di 08114006737. Melalui layanan tersebut, Anda cukup melakukan pemesanan dan pembayaran melalui transfer. Petugas kami akan mengirimkan tiket Anda melalui WhatsApp,” tuturnya, Minggu (2/6).

Berikut tips agar perjalanan Anda bersama Garuda menjadi lebih nyaman dan meneyenangkan :

Pertama, pada saat pemesanan tiket. Pastikan nama penumpang telah ditulis sesuai dengan kartu identitas dan GarudaMilesnya, kemudian Laporkan nomor telepon yang mudah dihubungi, sehingga pihak Garuda dapat menghubungi penumpang jika ada perubahan pada jadwal penerbangannya.

Untuk penumpang dengan kebutuhan khusus seperti ibu hamil, wajib melaporkan usia dan kondisi kehamilan kepada petugas Garuda Indonesia. Dalam kondisi kehamilan normal. Usia kehamilan yang diperbolehkan untuk terbang adalah maksimal 36 minggu. Usia kehamilan 32-36 minggu diperlukan informasi medis dan persetujuan terbang. Pemesanan layanan khusus seperti kursi roda, vegetarian meal, pemesanan nomor tempat duduk dan lain-lain dapat dilakukan saat pemesanan tiket.

Kedua, sebelum keberangkatan, pastikan penumpang tidak menyimpan barang berharga didalam bagasi. Barang berharga sebaiknya dibawa dalam bagasi kabin. Jenis barang berharga misalnya uang, kunci, laptop, kamera, dokumen penting, perhiasan, peralatan elektronik dan surat berharga.

Kemudian pastikan berat bagasi sesuai dengan ketentuan yang tertera di tiket. Untuk penerbangan domestik, Economy Class maksimal 20kg dan Business Class maksimal 30kg. Untuk penerbangan internasional, berat bagasi bebas biaya untuk penumpang Economy Class maksimal 30kg dan penumpang Business Class maksimal 40kg.

Jika penumpang berencana membawa bagasi lebih dari yang tercantum di tiket, anda dapat melakukan pembelian ekstra bagasi lebih awal saat melakukan pemesanan tiket atau melaporkannya saat check in. Berat maksimal yang diizinkan untuk bagasi kabin adalah 7 kg dengan ukuran panjang 56cm, lebar 36cm dan tinggi 23cm.

Untuk penerbangan internasional, pastikan tidak membawa cairan di atas 100ml (per botol) di bagasi kabin. Kemudian pastikan memeriksa kapasitas baterai power bank yang akan dibawa dan laporkan kepada petugas maskapai sebelum keberangkatan. Power bank hanya diperbolehkan untuk dibawa ke area kabin dan tidak diizinkan di dalam bagasi. Power bank yang diijinkan adalah dengan kapasitas maksimum 20.000 mAh dan selama penerbangan, penumpang dilarang menggunakannya.

Ketiga, pada saat check in. Untuk memudahkan penumpang dan menghindari antrian panjang di counter bandara, pihak Garuda menyediakan beberapa pilihan check-in, yakni mulai dari 48 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan. Penumpang juga bisa memanfaatkan layanan city check-in di kantor penjualan Garuda, mulai 24 jam hingga 4 jam Anda bisa melakukan web check-in di www.garuda-indonesia.com, mobile check in dari Garuda Indonesia mobile app, phone check-in di 0804 1 807 807 / 021-23519999 dan kiosk check-in di bandara Haluoleo Kendari.

Selanjutnya, tunjukkan kartu keanggotaan Garuda Miles di check-in counter. Anda juga dapat menunjukkan e-card Garuda Miles melalui mobile app Garuda Indonesia. Garuda Indonesia mobile app sebagai alat Show My Card untuk GarudaMiles member tanpa harus membawa kartu GarudaMiles. Jika sudah melakukan check-in online, anda hanya perlu datang ke drop baggage counter untuk melaporkan bagasi.

Untuk menghindari kemacetan maupun antrian masuk area terminal penerbangan, penumpang sebaiknya datang lebih cepat ke bandara (3-4 jam sebelum keberangkatan). Kemudian, matikan peralatan elektronik pada saat diatas pesawa. Hal itu dikarenakan dapat mengganggu sistem komunikasi dan navigasi udara.

Hingga pada akhirnya saat kedatangan, pastikan anda mengambil bagasi sesuai dengan kode tiket anda. Untuk penumpang Business Class atau anggota Sky Priority, bagasi dapat diambil di premium arrival lounge atau area khusus yang disediakan.

Anda juga dapat mendaftar dan memanfaatkan sobekan boarding pass untuk menikmati diskon di merchant partner Garuda Indonesia Boarding Pass True Value melalui www.garuda-Indonesia.com/bptv. (ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top