Politik

Soal Perbaikan Dokumen Gugatan, KPU Siap Sampaikan Keberatan

KENDARIPOS.CO.ID — Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ilham Saputra, menyebut pihaknya menyiapkan jawaban atas dokumen permohonan perbaikan gugatan sengketa Pilpres 2019 yang diajukan tim kuasa hukum Prabowo – Sandiaga. Sesuai rencana, jawaban KPU itu akan dikirim ke MK, Selasa (18/6) hari ini. “Kami akan menjawab perbaikan permohonan tersebut,” kata Ilham ditemui di kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (17/6). 

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ilham Saputra

Selain jawaban, kata Ilham, KPU akan menyertai keberatannya ke MK. Sebab, MK mengakomodasi dokumen permohonan perbaikan milik tim kuasa hukum paslon 02. “Jadi, sekaligus kami juga akan menyampaikan keberatan tentang perbaikan yang kami kira sudah melewati batas waktu yang sudah disesuaikan oleh Mahkamah Konstitusi,” ujar Ilham. Ia mengatakan, KPU dan tim kuasa hukum KPU telah menyiapkan jawaban-jawaban sesuai dengan permohonan gugatan yang dibacakan bergiliran oleh tim kuasa hukum paslon 02. Jawaban itu, kata Ilham, akan disesuaikan data yang dimiliki KPU.

“Ada beberapa hal terkait dengan misalnya daftar pemilih tetap, kemudian terkait dengan sistem informasi perhitungan (Situng), tentu saja kami akan jawab sesuai dengan data yang kita punya,” ungkap dia.

Diketahui KPU menyampaikan keberatan karena MK mengakomodasi dokumen permohonan perbaikan milik hukum paslon 02. Bahkan, tim kuasa hukum paslon 02 turut membacakan dokumen permohonan perbaikan itu dalam sidang perdana PHPU Pilpres 2019, Jumat (14/6).

KPU beralasan perundang-undangan tidak mengenal perbaikan permohonan untuk PHPU Pilpres. Perbaikan permohonan hanya bisa dilakukan untuk PHPU Pileg. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy