Metro Kendari

Dinas PUPR Kendari Segera Launching Aplikasi Spasial

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Kendari terus menggenjot program pelayanan berbasis digital. Teranyar, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari akan melaunching sistem infrastruktur bernama aplikasi spasial atau satu peta. Kepala Dinas PUPR Kota Kendari, Erlis Saya Kencana mengatakan, kebijakan aplikasi spasial yang berbasis digitalisasi tersebut, bertujuan untuk mendukung percepatan pembangunan yang tengah digenjot oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain.

Kepala Dinas PUPR Kota Kendari, Erlis Saya Kencana

Dengan penerapan aplikasi itu, data infrastruktur dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan terintegrasi secara otomatis ke Dinas PUPR Kota Kendari selaku induk pengelola aplikasi spasial. Sehingga, setiap saat siapapun bisa memantau progres pengerjaan infrastruktur yang dilakukan Pemkot Kendari hanya lewat smartphone.

“Sistem infrastruktur berbasis spasial dikuatkan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2016 Mengenai Kebijakan Satu Peta. Dengan aplikasi ini, kita bisa tahu akurasi, titik koordinat, volume pengerjaan dan estimasi biaya serta update mengenai kondisi pembangunan infrastruktur. Aplikasi ini pula, dapat dijadikan dasar bagi Pemkot Kendari untuk membuat program kegiatan baru serta sebagai pertimbangan pengambilan kebijakan kedepannya,” ujar Erlis Sadya Kencana, Senin (24/6) saat ditemui di ruang kerjanya.

Sejauh ini kata Erlis, kesiapan aplikasi infrastruktur berbasis spasial itu hampir rampung. Makanya dalam waktu dekat, ia berencana untuk melaunching aplikasi tersebut. Jangka pendeknya, aplikasi itu akan terkoneksi dengan lima OPD. Yakni Dinas Pendidikan, Kepemudaan dam Olahraga, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Diskominfo Kota Kendari.

Ia mengaku, telah membentuk tim kerja yang bertugas untuk mengumpulkan data dari OPD terkait, termasuk tim yang nantinya menganalisa dan menginput data mereka di sistem aplikasi spasial itu.

“Jangka panjangnya kita target, 32 OPD bisa terintegrasi dengan aplikasi spasial itu. Kita sudah siapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Dinas PUPR Kota Kendari. Kebetulan pada saat kami menawarkan inovasi ini, ada surat dari Kementerian PUPR ihwal pelatihan infrastruktur berbasis spasial. Jadi saya utus tim ke Jakarta,” ungkap mantan Kabid Penataan Ruang Dinas PUPR Kota Kendari itu. Katanya, aplikasi ini dapat menjadi cikal bakal keterbukaan informasi publik utamanya dari segi infrastruktur. Dengan aplikasi itu, Wali Kota Kendari bisa menjadikannya sebagai “studio mini” sehingga bisa memonitor secara langsung infrastruktur yang tengah dikerja OPD. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy