Metro Kendari

Dikbud Sultra Usul Pengadaan Aset Sekolah yang Terdampak Banjir

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) bakal mengusulkan pengadaan fasilitas baru milik SMA dan sederajat yang terdampak banjir. Terutama, sekolah di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Konawe dan sekitarnya. Plt. Kepala Dinas Dikbud Sultra, Asrun Lio, mengatakan kerusakan fasilitas sekolah yang terjadi dibeberapa wilayah banjir menjadi fokus pemerintah. Upaya ini terus diperbincangkan.

Plt. Kepala Dinas Dikbud Sultra, Asrun Lio

Untuk itu, pihaknya berupaya bekerja maksimal untuk mendata kebutuhan masing-masing sekolah yang asetnya mengalami kerusakan akibat abnjir. Gubernur Sultra Ali Mazi, kata dia, juga telah mengintruksikan untuk memproses pengusulan aset sekolah yang rusak karena banjir.

Akademisi UHO ini menjelaskan, pihaknya terus memantau kondisi sekolah serta perlengkapannya yang rusak akibat banjir. Dengan begitu, usai bencana, siswa dapat langsung melakukan aktivitas belajar-mengajar tanpa ada gangguan infrastruktur. “Pasca bencana ini, Dikbud akan segera melakukan inventarisasi kerugian termasuk aset-aset yang rusak agar diusulkan untuk pengadaan baru,” bebernya.

Tentunya, kata Asrun, itu demi menunjang pendidikan di Sultra. Jangan karena bencana, aset-asetnya rusak sehingga proses belajar mengajar mereka jadi terganggu dan tidak optimal. Pemerintah berupaya menghindari kemungkinan itu. Sebab dunia pendidikan harus terus berlanjut tanpa terbayang-bayang oleh kendala-kendala pasca banjir.

Ia mengatakan, data sementara yang diperoleh Dikbud, tercatat ada tiga sejumlah sekolah yang terendam banjir. Di antaranya SMKN 1 Molawe, SMKN 1 Andowia dan SMAN 1 Oheo. “Sedangkan sekolah yang terputus akses mobilisasinya yakni, SMAN 1 Oheo, SMAN 1 Wiwirano, SMAN 1 Landawe, SMAN 1 Langgikima, SMKN 1 Langgikima dan SMKN 1 Wonggeduku yang ada di Kabupaten Konawe,” paparnya.(m2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy