Nasional

CJH Terbang Perdana 7 Juli

Ilustrasi Jamaah Haji

KENDARIPOS.CO.ID — Kurang sebulan lagi, calon jamaah haji (CJH) gelombang pertama diberangkatkan ke Madinah. Sesuai rencana perjalanan haji (RPH) 2019 yang ditetapkan Kementerian Agama (Kemenag), CJH mulai diterbangkan pada 7 Juli. Penerbitan visa haji menjadi prioritas pada sisa masa persiapan ini.

Pengamat haji dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dadi Darmadi menuturkan, urusan paling mendesak saat ini adalah penerbitan visa haji. Dia mengatakan, Kemenag harus bisa mengetahui kepastian visa CJH keluar atau tidak sedini mungkin. “Jangan sampai ada CJH yang sudah sampai asrama haji, tetapi visanya belum atau bahkan tidak keluar,” katanya, kemarin.

Dadi mengatakan, kepastian keberangkatan ini sangat ditunggu oleh CJH. Kalaupun memang saat ini pemerintah Saudi belum membuka proses penerbitan visa, sebaiknya disampaikan ke publik dengan baik. Menurutnya, ketika sudah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH), para CJH umumnya menganggap proses administrasi sudah beres. Tidak hanya akomodasi di Arab Saudi saja. Tetapi juga untuk visa haji. Apalagi untuk CJH yang sudah menyerahkan paspor ke Kemenag.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy