BI Prediksi Inflasi Sultra di Bawah Dua Persen – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

BI Prediksi Inflasi Sultra di Bawah Dua Persen

KENDARIPOS.CO.ID — Cuaca buruk dan bencana banjir yang melanda sebagian daerah di Sultra awal bulan Juni 2019, memberikan dampak secara ekonomi. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw) BI Sultra memprediksi Bulan Juni ini, Sultra akan mengalami inflasi di bawah 2 persen atau lebih tinggi dari prediksi sebelumnya yang diperkirakan pada kisaran 1,35 persen. Hal ini disebabkan oleh naiknya harga bahan pangan seperti, sayur mayur dan ikan segar.

Ibu-ibu berjualan sayur mayur disalah satu pasar tradisional Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna.

Humas KPwBI Sultra, Daniel Agus Prasetyo saat ditemui mengungkapkan bahwa bulan Juni ini BI prediksi Sultra, akan mengalami inflasi akibat cuaca buruk dan bencana banjir yang terjadi di sebagian wilayah di Sultra. “Diperkirakan inflasi tidak terlalu tinggi terjadi. Kemungkinan besar di atas 1,35 persen namun tidak akan mencapai 2 persen,” jelasnya pada Kendari Pos, Senin (17/6).

Diakuinya, jika saat ini harga sejumlah bahan pangan mengalami kenaikan harga, khususnya pada sayuran sehingga kenaikan harga sayuran menjadi salah satu penyumbang inflasi di bulan Juni ini. Adapun harga komoditas lainya seperti beras masih aman. Pasalnya cadangan beras Sultra di Gudang Bulog masih aman hingga 11 bulan kedepan. Dengan demikian inflasi tidak akan melebihi 2 Persen.

“Sebenarnya, cuaca buruk sudah kita prediksi akan terjadi pada awal bulan Juni, sehingga komoditas sayur dan ikan diprediksi menyumbang inflasi sebesar 1,35 Persen. Namun dikarenakan ada terjadi bencana banjir di sejumlah daerah di Sultra sehingga diperkirakan inflasi mencapai 1,35  persen,” ujarnya,

Lebih lanjut, Bank Indonesia menyakini inflasi pada bulan Juni ini tetap akan rendah dengan target di bawah 2 persen. Oleh karena itu kerjasama antar instansi tetap dibutuhkan agar inflasi akan tetap dapat terkendali. “Kami menyakini bencana banjir tidak terlalu mempengaruhi inflasi di sultra pada Bulan Juni 2019 ini,” pungkas Surya. (m3/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top