Pariwara
Politik

Wapres: Dua Solusi Perbaikan Sistem Pemilu

Jusuf Kalla

KENDARIPOS.CO.ID — Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menyebut dua solusi untuk memperbaiki kelemahan sistem Pemilu 2019. Kelemahan tersebut, yakni menimbulkan korban jiwa hingga lebih dari 450 orang petugas penyelenggara.


Ia mengatakan solusi tersebut, yakni pemisahan jenis pemilu dan sistem pileg proporsional tertutup. “Evaluasinya dua itu, bahwa jangan disatukan, kemudian jangan lagi (proporsional) terbuka supaya yang dihitung hanya partainya. Supaya partai juga memilih orang yang baik, karena banyak isu tentang biaya yang besar,” kata Wapres JK, Senin (13/5).

Menurut JK, salah satu penyebab banyaknya penyelenggara dan petugas pemilu meninggal dunia adalah rumitnya penghitungan perolehan suara pileg DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten. Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) harus mencatat perolehan suara dari setiap caleg di setiap entitas pileg, apakah itu tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy