Pariwara
Buton Tengah

Samahuddin: Puasa Bukan Ajang Bermalas-malasan

KENDARIPOS.CO.ID — Puasa bagi H Samahuddin SE, bukan ajang bermalas-malasan. Tak mengherankan, aktivitas Bupati Buton Tengah (Buteng) selama bulan Ramadan tidak berkurang. Justru semakin bertambah. Selain melaksanakan tugasnya sebagai pemegang amanah, pria ramah ini juga memanfaatkan bulan penuh berkah ini dengan memperbanyak ibadah. Bila siang hari, ia lebih fokus melaksanakan tugas sebagai kepala daerah. Pada malam hari, ia menyempatkan diri bersujud, berdzikir serta membaca Alquran.

Ramadan kata H Samahuddin, sebagai ajang ujian keimanan. Tidak hanya dalam mengendalikan hawa nafsu, namun juga memperbanyak ibadah dan amalan-amalan baik. Ia meyakini setiap tugas yang dikerjakan dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab akan bernilai ibadah.

Di bulan Ramadan, Samahuddin tetap berkantor seperti biasanya. Ia datang pukul 07.30 Wita. Sebelum masuk kantor, terkadang ia memberi arahan. Ia selalu mengingatkan aparatnya untuk lebih disiplin dan melaksanakan tugasnya dengan baik. Sebagai pamong pemerintah, Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memposisikan diri sebagai pelayanan masyarakat bukan sebaliknya. Usai memimpin apel, ia menuju ke ruangannya.

“Etos kerja di bulan Ramadan tidak boleh menurun. Harus tetap semangat sebab pekerjaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan mendapat pahala. Apalagi di bulan Ramadan. Setiap perbuatan baik akan dilipatgandakan pahalanya,” ujarnya.

Tidak hanya memberi arahan, ia juga mengkoordinasikan jajaran organisasi pemerintah daerah (OPD)-nya. Samahuddin ingin memastikan program kerja pemerintah berjalan sesuai tahapan. Untuk memastikan hal itu, ia kerap terjun ke lapangan.

Meski terbilang sibuk, ia tetap menyempatkan waktu untuk menunaikan kewajibannya sebagai hamba Allah SWT. Saat ajang berkumandang, Samahuddin langsung bergegas mengambil air wudhu dan salat. Usai melaksanakan salat, ia terkadang menyisihkan waktu berdzikir dan membaca Alquran.

“Tidak ada yang berubah selama bulan Ramadan. Setiap hari, saya tetap bekerja. Hanya saja, ibadah yang memang harus ditambah. Tidak hanya yang wajib, namun juga amalan sunnah. Jadi kalau ada kesempatan, kita gunakan waktu untuk beribadah,” katanya. (b/rud)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy