Potensi Zakat Sultra Capai Rp 2,7 Triliun, Baru Bisa Terealisasi Rp 37 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Potensi Zakat Sultra Capai Rp 2,7 Triliun, Baru Bisa Terealisasi Rp 37 Miliar

Kepala Baznas Sultra, Hasby Saing (dua dari kiri) menyerahkan buku berisi Undang-Undang
pengelolaan zakat kepada Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin usai sosialisasi tentang ZIS di Graha Pena Kendari, kemarin. Direktur Kendari Pos, Laode Diada Nebansi (tengah) beserta jajaran manajemen dan pejabat Baznas ikut mendampingi.

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi zakat di Sulawesi Tenggara (Sultra) mencapai angka Rp 2,7 triliun. Hanya saja baru bisa terealisasi sebesar Rp 37 miliar. Hal itu disampaikan Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sultra, H.A.M. Hasby Sai saat melakukan sosialisasi tentang Zakar, Infaq, Sedekah (ZIS) di Graha Pena Kendari, kemarin. “Ke depan, kami akan terus berusaha, supaya pengumpulan zakat maksimal,” ujar Hasby dalam kegiatan yang juga dihadiri Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin, Direktur Laode Diada Nebansi, serta jajaran manajemen, redaktur, serta karyawan Kendari Pos.

Dia menambahkan, bila potensi zakat sebesar itu terealisasi maksimal, dipastikan penerima zakat akan sangat terbantu. Sehingga endingnya, bisa mengurangi tingkat kemiskinan. Dari data Baznas Sultra, pengutipan zakat saat ini masih didominasi zakat harta atau zakat profesi aparatur sipil negara (ASN). “Kesadaran ASN maupun masyarakat Sultra untuk membayar zakat masih minim. Mereka kadang lebih suka memberi peminta-minta di jalanan. Padahal, kalau disalurkan di lembaga yang tepat, maka hasilnya juga akan lebih bagus,” jelasnya.

Menurutnya, tidak ada jaminan, peminta-minta di jalanan lebih membutuhkan dari orang miskin yang memang tidak mau memunculkan diri (dengan meminta-minta). “Banyak orang seperti itu. Mereka miskin, tapi malu meminta-minta. Orang-orang seperti inilah yang menjadi sasaran ZIS. Makanya, kami minta masyarakat menyalurkan ZIS sesuai ketentuan. Supaya nanti penyalurannya tepat sasaran,” harapnya.

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top