Pinjaman Pemkab Muna Tersandera Utang PIP, Kemendagri Tunggu Kajian Fiskal – Laman 2 – Kendari Pos
Muna

Pinjaman Pemkab Muna Tersandera Utang PIP, Kemendagri Tunggu Kajian Fiskal

Kemendagri khawatir jika kredit tetap dicairkan maka akan berdampak pada beban utang APBD. “Ada mis di kondisi utang PIP. Kemendagri mematok DSR sesuai kondisi 2018 dan memang (utang) PIP belum lunas. Nah, makanya rasionya naik sehingga perlu kajian fiskal,” ujar Rusman Emba, Selasa (14/5).

Ia mengatakan, jika DSR merujuk pada APBD 2019, maka pinjaman dapat dicairkan. Hanya saja, Kemendagri berpatokan pada kondisi APBD tiga tahun ke belakang dimulai tahun 2018. Rusman mengakui beban utang masih mencapai Rp 40 miliar per tahun. “Tahun ini sudah lunas, hanya akumulasi perhitungan fiskal sejak kondisi 2015. Makanya DSR sedang dikaji lagi,” papar Rusman Emba.

Rusman tetap optimis kendati pencairan pinjaman harus menunggu kajian Kemendagri. Perhitungan fiskal hanya berpengaruh pada nominal dan jangka kredit. Pun hasilnya, sudah akan diketahui setelah lebaran. “Kalau pun terjadi pengurangan, paling hanya Rp 5 atau Rp 6 miliar. Saya optimis bisa cair. Paling tidak akhir semester pertama,” ungkapnya.

Ketua FKPPI Sultra itu sudah berhitung. Jika pinjaman tak cair Rp 96 miliar, alokasi tetap akan diprioritaskan pada penyelesaian RSUD Muna, pasar Laino dan air bersih. Sementara drainase dan infrastruktur masih memungkinkan dikurangi. “Jelasnya kebutuhan dasar tidak akan diganggu. Tetap dikerjakan tahun ini,” pungkas Rusman Emba. (ode/b)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top