Politik

Penetapan Caleg Terpilih Tunggu Putusan MK

La Ode Abdul

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah melakukan rekaputulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Pemilu tingkat nasional dan luar negeri pada Selasa (21/5) dini hari di Jakarta. Dalam PKPU nomor 10 tahun 2019 dikatakan, apabila terdapat perselisihan hasil Pemilu (PHPU) yang diajukan ke MK, maka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota hanya boleh dilakukan pasca putusan MK.

“Penetapan dilakukan paling lama tiga hari setelah putusan MK dibacakan,” ujar Ketua KPU Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Abdul Natsir Muthalib saat dihubungi, Rabu (22/5). Menurutnya, pengajuan permohonan sengketa di MK paling lama 3X24 jam sejak diumumkan penetapan perolehan suara hasil Pemilu secara nasional oleh KPU yang berarti 25 Mei 2019. “Ada sebelas tahapan yang harus dilalui dalam penanganan PHPU. Dimulai dari permohonan pemohon sampai penyerahan salinan putusan,” imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy