Pelita Ibu Berganti Nama Jadi Stikes, Kini Hadirkan 4 Prodi Baru – Kendari Pos
Edukasi

Pelita Ibu Berganti Nama Jadi Stikes, Kini Hadirkan 4 Prodi Baru

KENDARIPOS.CO.ID — Akademi Kebidanan (Akbid) Pelita Ibu berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Pelita Ibu. Hal itu diperkuat izin dari Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Nomor 363/KPT/I/2019. 

Mahasiswa Stikes Pelita Ibu program D-III Kebidanan, saat melakukan praktikum di Laboraturium Kebidanan, beberapa waktu lalu

Ketua Yayasan Stikes Pelita Ibu Drs. H. Taha saat ditemui, Senin (20/5) lalu mengatakan, kampus yang dikelolanya sudah mengantongi izin perubahan nama per tanggal 13 Mei 2019. Dari perubahan nama ini, pihaknya membuka Program studi (Prodi) baru sebanyak empat, yakni farmasi program S-1, Administrasi Rumah Sakit Program S-1, Kebidanan program S-1, dan Pendidikan Profesi Bidan.

“Nah, empat prodi itu sudah kami buka pendaftarannya hingga 24 Agustus 2019,” imbuhnya. 

Taha menambahkan sejauh ini pendaftaran sudah banyak yang antusias namun terhalang oleh ijazah yang belum dipegang oleh para calon mahasiswa. Hal tersebut, berhubungan dengan pengumuman  pelulusan siswa SMA minggu lalu. Tahun sebelumnya, lanjut dia, kebiasaan pendaftar lebih banyak di bulan enam dengan berkas yang telah lengkap. “Kami biasanya banyak menerima pendaftar dari Sulawesi Tengah, Morowali, Bungku dan beberapa dari luar daerah,” pungkasnya.  

Sebelumnya, pendaftaran empat Prodi baru yang  ditambah dengan satu prodi D-III Kebidanan ini, pengurus yayasan dan Direktur Stikes Pelita Ibu, Dra. Hj. Rosmawati Ibrahim, SSt., MS., M.Kes.,  sudah mempersiapkan berkas dan mengurus sejak dua tahun lalu. Kata Rosmawati, banyak persyaratan dan proses yang panjang untuk mengubah bentuk akademi menjadi sekolah tinggi. Termasuk syarat pengadaan Prodi. Mulai dari divisitasi Kemenristek melihat sarana dan prasarananya serta kepemilikan tanah berdirinya gedung dan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yakni tenaga pengajar perguruan tinggi. Kendati pun, pihaknya sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) yang telah diterbitkan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) di Makassar. 

Terkait SDM atau tenaga dosen pada setiap prodi, Rosmawati  mengatakan bahwa mereka telah memenuhi syarat tersebut. Sebanyak lima dosen tetap sudah dimiliki Stikes Pelita Ibu, pada setiap prodi baru tersebut. Walaupun katanya, para dosen harus memiliki syarat bukan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan belum bekerja di tempat yang lain. “Dosen tetap yang kami miliki sekarang, semuanya telah menyandang status pendidikan Magister,” ujar pimpinan Pelita Ibu yang telah mewisudakan 11 angkatan Diploma III ini. 

Untuk diketahui, Stikes Pelita Ibu ini memiliki kurang lebih 200 mahasiswa yang difasilitasi dengan 14 ruang perkuliahan, laboraturium kebidanan, asrama mahasiswa, dan praktik klinik sebanyak 24 ruangan. (m6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top