Metro Kendari

Kukuhkan Pengurus UMKM 2019-2024, Sulkarnain : Manfaatkan Peluang Bisnis di Era Digital

KENDARIPOS.CO.ID — Pengurus Asosiasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Kendari Periode 2019-2024 dikukuhkan di ruang Pola Kantor Wali Kota Kendari. Mereka dilantik langsung oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dan disaksikan Sekretaris Pemkot Kendari Nahwa Umar bersama Kepala Disperindag Kendari Syam Alam. Kepada pengurus UMKM, Sulkarnain Kadir berpesan untuk memanfaatkan peluang bisnis melalui sosial media. Sebab saat ini perkembangan digitalisasi menuntut dunia usaha untuk berinovasi lebih cepat agar mampu bersaing dengan industri pasar lainnya.

Suasana pelantikan

“Transaksi penjualan saat ini bisa terjadi tanpa mempertemukan antara penjual dan pembeli. Makanya, tidak boleh lagi ada yang gagap teknologi. Saya harap, pelaku UMKM Kendari bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi agar tak ketinggalan zaman,” ujar Sulkarnain Kadir. Menurut mantan anggota DPRD Kendari ini, laju perkembangan ekonomi Kendari bergerak begitu cepat. Hal ini kata dia, paralel dengan grafik pertumbuhan UMKM yang ada di metro. Namun Sulkarnain mengingatkan, kuantitas yang mengalami kenaikan juga harus dibarengi dengan peningkatan kualitas UMKM.

“Sinyal positif ini mudah-mudahan bisa dipertahankan. Teman-teman semua jangan ada yang berkecil hati menjadi pelaku UMKM. Sebab saya yakin, tidak ada pengusaha yang langsung besar. Semuanya pasti melewati proses panjang dan melelahkan,” ungkap Sulkarnain Kadir.

Ketua DPD PKS Kendari itu juga menambahkan, pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kendari, berkomitmen untuk terus membantu memberikan akses permodalan dan bimbingan demi peningkatan kapasitas usaha para pelaku UMKM Kota Kendari. Apalagi, kendala modal seringkali dikeluhkan oleh pelaku UMKM. “Ketimbang masalah anggaran, saya pribadi beranggapan bahwa modal yang paling esensi dalam setiap usaha adalah mental atau karakter. Ada orang yang diberi kesempatan untuk mengelola sejumlah dana yang cukup besar. Namun bila mentalnya kurang bagus, sebanyak apapun anggaran yang tersedia pasti akan habis. Begitupun sebaliknya,” tandas Sulkarnain Kadir.(m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy