Kelulusan SMP Diumumkan 29 Mei, Siswa Diimbau tak Konvoi – Kendari Pos
Edukasi

Kelulusan SMP Diumumkan 29 Mei, Siswa Diimbau tak Konvoi

Suasana pelulusan SMPN 9 Kendari pada waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Hasil Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kota Kendari akan serentak diumumkan tanggal 29 Mei 2019. Pengumuman siswa SMP kelas IX dijadwalkan pada Pukul 05.30 dini hari. Hal ini dilakukan agar siswa tidak melakukan konvoi atau coret-coret seragam usai kelulusan.

Hal ini diungkapkan Ketua panitia Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Makmoer Tote. Katanya, pengumuman yang dilakukan dini hari nanti diharapkan akan diikuti oleh seluruh SMP se Kota Kendari. “Dalam waktu dekat kita akan melaksanakan rapat kordinasi dengan seluruh Sekolah terkait jadwal pengumuman UN ditingkat SMP nanti,” jelasnya di kantor Dikmudora Kota Kendari, Senin (20/5).

Sebelumnya, jadwal pengumuman kelulusan pada dini hari merupakan kali kedua dilaksanakan oleh Dikmudora Kota Kendari. hal ini dilakukan sebagai upaya Dikmudora untuk mengantisipasi adanya aksi mainstream yang biasa dilakukan oleh siswa usai kelulusan. “Sudah dua tahun kita melakukan antisipasi agar siswa tidak melakukan konvoi dengan cara memajukan waktu pengumuman pada dini hari. Terbukti tahun lalu tidak ada yang melakukan konvoi atau coret-coret baju,” ungkapnya.

Makmoer juga mengimbau kepada seluruh siswa untuk menyumbangkan seragam sekolah mereka kepada orang-orang yang membutuhkan. “Dari pada mencoret-coret seragam lebih baik diberikan oleh kaum dhuafa. Terlebih lagi di bulan Ramadhan kali ini,” tambahnya.

Terkait hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kali ini tidak menentukan kelulusan dari siswa. Hal ini dikarenakan UNBK merupakan wadah bagi pemerintah dalam mengukur kemampuan siswa disetiap daerah yang ada di Indonesia. “Yang menentukan kelulusan itu sepenuhnya diserahkan oleh sekolah masing-masing, tapi kita optimis hasil UNBK SMP Kota Kendari akan memuaskan,” pungkasnya. (m3/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top