Hukum & Kriminal

Jual Gas 3 Kg Lebih Mahal, Dua Pengecer Asal Wuawua Tersangka : Polda Amankan 127 Tabung

KENDARIPOS.CO.ID — Kepolisian Daerah (Polda) Sultra mengamankan 127 tabung gas elpiji 3 Kg dari dua pelaku inisial
HD (30) dan MD (35), warga Kecamatan Wuawua Kota Kendari. Mereka merupakan pengecer gas yang diringkus karena diduga menjual gas tidak sesuai standar yang telah ditetapkan dengan menaikan harga gas 3 Kg dari Rp 17.900 menjadi Rp 28.000 hingga Rp 30.000.

Direktur Ditreskrimum Polda Sultra, Kombes Pol, Abdul Rizal Engahu, mengungkapkan perbuatan kedua pelaku sangat merugikan masyarakat. Kedua tersangka tertangkap saat menjual gas elpiji dengan harga yang sangat mahal. “Kita dapat laporan ini dari masyarakat. Kemudian, tim bergerak cepat bersama pihak dri Pertamina. Kita dapatkan dua orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka,”kata pengganti Kombes Pol Yandri Irsan, Senin (13/5/2019).

Sementara itu, Sales Eksekutif Gas LPG Pertamina, Arnaldo Andika mengatakan, langkah hukum yang dilakukan kepolisian memang sudah tepat. Selama ini kata dia, masih banyak pengecer yang melakukan penjualan dengan menaikan harga sesuka hati. Lalu lanjut Arnaldo, penjualan juga tidak seharusnya ada di pengecer, melainkan di agen dan distributor. Jadi, masyarakat yang mau membeli gas elpiji di agen atau pangkalan.

Arnaldo memastikan, kejadian ini tak akan terulang. Pihaknya akan melakukan pengawasan dibeberapa tempat, agar harga gas tidak dimainkan dan tidak dijual di warung-warung. “Jadi memang semua mestinya dijual di Pangkalan,” imbuhnya.

Adapun kedua orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka, tidak ditahan. Namun pelaku tetap menjalani proses hukum.”Keduanya dikenakan pasal 62 ayat (1) jo pasal 8 ayat (1) huruf a Undang-undang RI Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.(ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy