Pariwara
Buton Utara

Jalankan Amanah, Puasa Tak Jadi Penghalang

KENDARIPOS.CO.ID — Tugas seorang kepala daerah bukanlah perkara mudah. Sebagai pejabat tertinggi di pemerintah, Abu Hasan harus bisa mengkoordinir organisasi perangkat daerah (OPD) agar berjalan sesuai rel dan tupoksinya. Sebagai pemegang amanah, ia bertekad meningkatkan kesejahteraan warga Lipu Tinadekono Sara. Makanya, ia tetap semangat menjalankan rutinitasnya di bulan Ramadan.

Di bulan Ramadan, aktivitas kesehariannya terbilang padat. Setiap harinya, ia berangkat pagi hari dan pulang pukul 17.00 Wita. Selain melaksanakan tugasnya, ia ingin memanfaatkan Ramadan dengan memperbanyak ibadah. Di sela-sela kesibukannya, pria ramah ini selalu menyempatkan waktu untuk bersujud.

“Menahan lapar dan haus bukan alasan untuk bermalas-malasan. Beban seorang pemimpin tidak ringan harus totalitas menjalankan tugas. Ada puluhan ribu nasib warga ditentukan soerang kebijakan seorang pemimpin,” ujar Abu Hasan.

Puasa kata mantan Karo Humas Pemprov Sultra ini, tidak hanya sekedar menahan haus dan lapar. Namun lebih dari itu. Bagaimana sesorang menahan hawa nafsu dari segala hal yang bisa membatalkan puasa. Untuk itulah, setiap orang yang berpuasa dianjurkan memperbanyak ibadah. Bukan hanya itu, banyak pelajaran yang bisa dipetik saat menahan lapar dan dahaga.

“Terkadang kita butuh rasa lapar untuk memahami pentingnya ketercukupan. Masih banyak saudara kita di luar sana yang tidak beruntung. Boleh jadi menahan lapar setiap hari atau hanya bisa mengkomsumsi makanan ala kadarnya,” katanya.

Olehnya itu, betapa pentingnya berbagai kepada mereka yang membutuhkan uluran tangan. “Berbagi kepada sesama di bulan suci pahalanya dilipat gandakan,” ungkapnya.

Banyak riwayat mengisahkan, ketika Rasulullah memasokuki bulan suci Ramadhan merupakan sosok yang paling dermawan. “Berbagi sesuai kemampuan. Umat muslim diwajibkan membayar zakat,” tandasnya. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy