Metro Kendari

Distribusi Air Dikeluhkan Warga, PDAM Kendari : Banyak Mesin yang Rusak

KENDARIPOS.CO.ID — Kebutuhan air bersih setiap bulan suci Ramadan selalu meningkat. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kendari terus berupaya membenahi mesin yang mengalami kerusakan. Direktur PDAM Kendari, Damin mengakui bila banyak warga yang mulai mengeluhkan karena distribusi air tidak menentu. Alasannya, dalam sebulan terakhir ini, banyak mesin mengalami kerusakan secara bersamaan. Meski begitu, perusahaan plat merah yang dipimpinnya itu berupaya memaksimalkan pelayanan air bersih selama bulan suci Ramadan.

“Mesin yang rusak dalam perbaikan, bahkan sudah ada yang selesai. Memang ada pompa kita yang rusak, yang sudah baik langsung kita aktifkan cepat dan sudah beroperasi. Kita jaga terus, kalau sudah terlalu panas kita istrahatkan sedikit, kemudian dijalankan lagi. Alhamdulilah dibanding bulan lalu, sekarang sudah semakin baik,” katanya.

Damin menambahkan, selama musim hujan biaya produksi meningkat tajam. Sebab terjadi kekeruhan luar biasa di sumber air baku. Sehingga, pihaknya harus menambah jatah penjernih (tawas) untuk tetap mempertahankan kualitas air yang didistribusi ke masyarakat. “Kalau normalnya 800 kg tawas perhari. Selama musim hujan, karena Sungai Pohara tingkat kekeruhannya tinggi, supaya tetap jernih kita tambah menjadi 1,2 ton perhari,” katanya.

Secara kalkulasi ekonomi perusahaan, jelas hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi PDAM. Sebab, jika biaya operasional meningkat, maka income perusahaan akan banyak lari ke sana. Tapi menurut Damin, perusahaan sudah punya hitungan sendiri untuk tetap memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan. “Hitungan kita masih teratasi. Bahkan selalam HUT ke-188 Kendari, mulai 2 hingga 9 Mei itu kita ada harga promo untuk sambung air sebeser Rp 400 ribu. Biaya pemasangan normalnya Rp 700 ribu,” lanjut Damin. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy