Politik

Caleg Adukan KPU Buteng ke DKPP RI

KENDARIPOS.CO.ID — Komisioner KPU Buton Tengah (Buteng) dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI. Itu karena pihak penyelenggara Pemilu di daerah tersebut menolak menggelar pemungutan suara ulang (PSU) pada dua tempat pemungutan suara, TPS 03 Kelurahan Watolo, Kecamatan Mawasangka dan TPS 01 Kelurahan Lakorua di Mawasangka Tengah. Padahal 

La Ode Nuriadin

PSU tersebut atas rekomendasi Panwascam setempat. Alasannya, ditemukan dua surat suara tercoblos tanpa tanda tangan KPPS serta ditemukan tujuh pemilih yang sudah terdaftar di DPT luar Buteng namun masih mencoblos lima jenis surat suara.

Namun pihak KPU Buteng menolak PSU di TPS 03 Kelurahan Watolo dan 01 Lakorua karena menganggap, semua tahapan sudah sesuai mekanisme. Hal tersebut kembali ditegaskan Ketua KPU Buteng, La Ode Nuriadin. “Untuk di TPS 03 Kelurahan Watolo sudah dilakukan penanganan cepat oleh KPPS atas saran pengawas dan saksi-saksi TPS. Surat suara yang tidak ada tanda tangan KPPS dianggap batal atau tidak sah. Sementara di TPS 01 Kelurahan Lakorua, tidak dapat dilaksanakan PSU karena rekomendasi Panwascam Mawangka Tengah atas perbaikan rekomendasi pertama 23 April dan baru disampaikan pada PPK tanggal 26 April jelang batas pelaksanaan PSU. Kami tidak punya cukup waktu untuk menyiapkan logistik dan perlengkapan lainnya,” argumen Nuriadin, kemarin. 

Meski beralasan demikian, pihak KPU Buteng tetap diadukan ke DKPP oleh dua Caleg dari Gerindra, Almadin dan asal PKB, La Saha. “Kami sudah siap menghadapinya. Keputusan yang kami ambil dengan tidak melaksanakan PSU sudah melalui kajian dan pertimbangan berdasarkan peraturan perundang-undangan tentang kepemiluan. Yang merasa dirugikan, silahkan melapor, kami sudah siap apabila dimintai keterangan,” tantangnya. 

Nuriadin mengaku saat ini pihaknya sudah memenuhi panggilan Bawaslu Buteng, Kepolisian dan Kejaksaan yang tergabung dalam Gakkumdu untuk memberikan klarifikasi dan penjelasan terkait tidak dilaksanakan PSU. “Untuk kelanjutannya, nanti kita tunggu keputusan,” tandas Ketua KPU BUteng tersebut. (b/rud)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy