Belasan Rumah Diterjang Puting Beliung, Satu Masjid di Wawonii Timur Laut Rusak – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Belasan Rumah Diterjang Puting Beliung, Satu Masjid di Wawonii Timur Laut Rusak

KENDARIPOS.CO.ID — Cuaca di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) tidak bersahabat beberapa hari ini. Hujan yang mengguyur selama dua hari ini merendam ratusan rumah. Angin puting beliung juga menerjang 16 rumah warga, plus satu masjid ikut rusak di Desa Mata Dimba, Kecamatan Wawonii Timur Laut. Amukan puting beliung cukup parah. Salah satu rumah roboh. Ada pula rumah yang atapnya copot diterpa hembusan angin kencang di Desa Mata Dimba, Kecamatan Wawonii Timur Laut.

Ilustrasi angin kencang


Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam itu. Dua anak mengalami luka-luka akibat tersayat seng yang jatuh. Salah satu korban, Fatima mengatakan angin puting beliung datang memporak-porandakan rumah warga di Desa Mata Dimba terjadi sekira pukul 09.00 Wita. “Keluarga saya lima rumah yang terkena musibah. Dua kemenakan saya luka-luka akibat runtuhan seng,” kata Fatima, Selasa (28/5).

Dia menuturkan, saat gemuruh angin kencang menghantam pemukiman warga, keluarganya bergegas keluar rumah menyelamatkan diri. Kepala Dinas (Kadis) Sosial, Muh. Rustam Arifin belum menerima laporan adanya warga di Desa Mata Dimba yang terkena musibah puting beliung. “Saya bersama anggota akan turun cek di lapangan,” katanya.

Ia menambahkan rumah korban puting beliung yang mengalami rusak berat, maka menjadi tanggung jawab Badan Penaggulangan Bencana (BPBD) Konkep. Dinsos dan BPBD akan melakukan estimasi kerugian korban puting beliung. Kepala BPBD Konkep, Awaluddin membenarkan adanya belasan rumah di Desa Mata Dimba diterjang puting beliung. Dia belum bisa memastikan kerugian yang ditimbulkan akibat angin puting beliung. “Saya belum bisa pastikan. Nanti kita akan hitung,” ujarnya. (san/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top