Pariwara
Metro Kendari

3 Bulan, Ekspor Perikanan Sultra Capai 6.000 Ton, 168 Kg Gurita Dikirim ke Amerika

KENDARIPOS.CO.ID — Produksi perikanan Sulawesi Tenggara (Sultra) sangat melimpah. Tak hanya sebagai pemasok domestik, namun juga ekspor (lihat grafis dibawah). Gurita menjadi komoditas yang paling banyak dikirim luar negeri. Januari hingga Maret, Sultra mengimpor gurita ke Amerika sebanyak 168 kilogram.

Ilustrasi

Kepala Balai Karantian Ikan, Pengendalian Mutu dan Pengamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kota Kendari, Amdalih Adhitama, tidak memungkiri bila sektor perikanan Sultra kerap menjadi penyuplai untuk negara lain. Karena itu, sektor perikanan sebagai salah satu penyumbang inflasi di Kota Kendari. Sebab sebagai produsen, juga sebagai pengekspor. Untuk tiga bulan terakhir saja, rata-rata ekspor perikanan mencapai 6.000 ton perkomoditinya. Serta sekitar 350 ton yang dikirim ke luar provinsi lain.

Saat ini Kota Kendari, kata dia memiliki 17 komoditas yang kerap dikirim ke luar daerah; Surabaya, Jakarta, Makassar, Denpasar, Batam dan Mataram. Juga diekspor ke Amerika (USA), Jepang, Singapore dan China. Namun untuk tiga bulan terakhir ini, komoditas gurita terbanyak diekspor ke Amerika. “Walaupun demikian produk ekspor keluar negeri juga banyak pada ikan tuna, tongkol dan cakalang diekspor ke Korea dan beberapa negara di Eropa,”ungkapnya.

Untuk bulan Ramadan ini, kemungkinan Sultra tetap akan melakukan ekspor. Namun hanya untuk komoditas yang umumnya tidak banyak dikonsumsi masyarakat Kendari, yakni gurita, udang vannamei dan kepiting. Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sultra, Askabul Kijo mengatakan sekarang ini banyak nelayan tidak melaut karena angin kencang dan pulang kampung merayakan puasa Ramadan. Inilah penyebab kurangnya stok ikan. Hal ini, fenomena tahunan.

Ia tidak memungkiri bila pasukan ikan Sultra sangat banyak, namun juga banyak yang dikirim ke luar Sultra. Karena itu, ia menggagas kerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai bentuk penyimpanan pasokan ikan, di Pelabuhan Samudera. “Kita sudah bicarakan dengan semua pengumpul ikan agar bisa memanfaatkan itu. Menyimpan ikan yang bisa kita siapkan pada saat musim-musim paceklik,”jelasnya. (m2/b)

Komoditas perikanan ekspor Januari-Maret 2019

Negara Tujuan       Komoditi           Jumlah           Harga
Singapore           Kepiting     -     23 Ribu Hds -  Rp. 1,2 Miliar
USA                Gurita        -    168 Ribu Kg  - Rp. 15,1 Miliar
China               Udang Vannamei  -  60 Ribu Kg  -  Rp. 3,3 Miliar
Japan           Udang V dan Gurita  - 118 Ribu Kg -  Rp. 14,3 Miliar

Sumber : BKIPM Kendari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy