Pariwara
Kolaka Utara

Pemprov Harap Kolut Raih Prestasi Terbaik

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
P2WKSS : Wabup Kolut, H. Abbas (kanan) mendampingi Tim Penilai lomba P2KWSS di Desa Parung Lampe, Kecamatan Batu Putih.

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) kembali ambil bagian pada lomba program terpadu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera (P2WKSS). Desa Parung Lampe di Kecamatan Batu Putih menjadi perwakilan Bumi Patampanua itu di tingkat provinsi. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) berharap wilayah itu bisa kembali mengulang sejarah sebagai juara.

Pernyataan itu dilontarkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Sultra, Andi Tenri Rawe Silondae saat membacakan sambutan Gubernur, H. Ali Mazi. Menurutnya, dari jejak data prestasi sejak tahun 2008 hingga 2015, Duta Kolut meraih tiga kali juara I dan dua kali peringkat II. “Kami berharap di 2018 ini bisa kembali meraih prestasi seperti yang sudah dicapai sebelumnya,” katanya, awal pekan ini.

Andi Tenri memaparkan, program P2WKSS diharapkan mempercepat dan meningkatkan peran perempuan baik di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi serta partisipasi kelestarian lingkungan hidup. Di Sultra, masih terjadi kesenjangan. Partisipasi keterlibatan perempuan di Bumi Anoa juga masih rendah baik di jabatan lembaga eksekutif, legislatif hingga yudikatif.

Sesuai data, jabatan kepala desa, misalnya. Dari 1.726 wilayah, Kades perempuan hanya 196 orang atau 11,36 persen. Sebagai lurah sebanyak 356 orang tetapi kaum hawa hanya 38 orang atau 10, 67 persen serta jabatan strategis di eselon II se-Sultra sejumlah 568 jabatan namun hanya 41 orang perempuan atau 7,2 persen. “Kepada kepala daerah diharapkan dalam penempatan dan pengangkatan jabatan struktural tetap mempertimbangkan asas kesetaraan jender dengan tetap menyesuaikan kompetensi teknis yang dibutuhkan,” ujarnya.

Terkait program P2WKSS tersebut, Wabup Kolut, H. Abbas, mengaku, Tim Penggerak PKK dan jajarannya telah banyak memberi kontribusi dan mengangkat nama daerah di tingkat provinsi hingga nasional. Desa Parung Lampe setidaknya diharapkan mampu jadi terbaik sebagai juara provinsi tahun ini. “Juara adalah bonus dari sebuah perlombaan. Terpenting bagaimana berkelanjutan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan kemajuan desanya,” tegas Abbas. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top