Pariwara
Muna

Pemkab Muna Siap Bedah 1.300 Unit Rumah

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Kabupaten Muna patut bersyukur. Utamanya bagi yang bermukim di Kecamatan Lohia. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-Pera) dipastikan menggelontorkan dana lebih kurang lebih Rp 22,5 miliar melalui program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS). Dana itu untuk membedah 1.300 unit rumah.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Muna, La Ode Ataluddin, menjelaskan, bantuan tersebut akan terealisasi di triwulan pertama 2019 mendatang. Tahap pertama 300 unit rumah akan dibedah pada lima kecamatan dan 16 desa. “Paling banyak Kecamatan Lohia, sembilan desa semua dapat. Sisanya di Desa Marobo, Wadulao, Towea, Langkumapo, Watuputeh, Wakadia dan Bangkali. Berapa unit per desa, kami belum pastikan. Jelasnya mereka sudah pasti sebagai penerima bantuan,” ujarnya, Kamis (8/11).

Ataluddin menambahkan, BSPS tersebut akan dilaksanakan bertahap sampai kuota 1.300 unit tercukupi. Ia berharap, masyarakat penerima bantuan dapat memanfaatkan dana renovasi rumah dengan baik untuk peningkatan kualitas hidupnya. “Terpenting, jangan sampai ada gejolak di masyarakat, misalnya karena faktor kecemburuan sehingga menimbulkan konflik. Kalau begitu, Muna bisa saja diblacklist sebagai daerah penerima bantuan pada tahun berikutnya,” sambungnya.

Sementara itu, Musniar Silondae, Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Penyediaan Perumahan KemenPU-PR menambahkan, dari 17 wilayah di Sultra, Muna merupakan daerah penerima jatah BSPS terbanyak. Itu berkat upaya Pemkab yang proaktif mengusulkan dana renovasi rumah warga kurang mampu. “Ada kurang lebih 2.800 desa di Sultra, paling banyak penerima di Muna. Itu apresiasi yang luar biasa untuk Pemkab,” katanya.

Ia melanjutkan, dana BSPS 2019 nanti diwacanakan meningkat dari Rp 15 juta menjadi Rp 17,5 juta. Kenaikan itu untuk memberikan keleluasaan bagi penerima bantuan dalam merenovasi rumah tinggalnya. Meskipun begitu, kenaikan itu masih menunggu revisi PermenPU-Pera nomor 7 tahun 2018. (b/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top