Pariwara
Kolaka Utara

Entres Bibit Kakao di Kolut Hampir Tuntas

KENDARIPOS.CO.ID — Teknik sambung tanaman kakao (entres) sebagai bagian dari program revitasilasi tanaman tersebut di Kolaka Utara (Kolut), sudah dalam tahap finalisasi. Akhir November mendatang diperkirakan tuntas dan tinggal menunggu momen tepat untuk penanaman pada lahan para petani di Bumi Patampanua itu. Kadis Pertanian Kolut, Samsu Ridjal, menjelaskan, upaya penyambungan pucuk dalam istilah entres itu dilakukan pada dua lokasi pembibitan, di Desa Powalaa dan Latali, Kecamatan Pakue Tengah serta di Desa Kaluku-luku telah 100 persen. Sementara di Desa Totallang, Kecamatan Lasusua baru mulai berjalan. “Di sini (Totallang) akan dipilah yang layak sambung dan tidak,” ujarnya.

Tahun 2018 ini, sesuai program, memang hanya sebatas pembibitan hingga 31 Desember. Meskipun di November ini proses penyambungan bibit kakao diperkirakan tuntas, tapi tak lantas langsung didistribusikan. Selain menunggu pulihnya bibit, tahun 2019 memang baru direncanakan memasuki tahap penanaman.

Pihak rekanan yang menangani proses pembibitan tersebut terlebih dahulu melakukan serah terima ke Pemkab melalui Dinas Pertanian Kolut. Pihaknya akan mendistribusikan langsung bibit kakao tanpa melalui kepala desa. Sejauh ini dikatakan tidak ada kendala soal lahan namun lebih kepada upaya pemangkasan tanaman tua yang masih dilakukan. “Makanya melalui APBD sebelumnya dialokasikan pengadaan chain saw (mesin pemotong) untuk mempercepat pengosongan lahan,” papar Samsu Ridjal.

Petani di zona utara Lasusua hingga perbatasan dikatakan siap melakukan penanaman. Bahkan sebagian telah melakukan penggalian lubang tanaman dan tinggal menunggu distribusi bibit saja. Sementara itu ke arah selatan dinilai kesiapannya masih minim. “Kami akan melakukan pengawasan distribusi bibit hingga pendampingan ke petani mulai tahap tanam sampai panen. Ini bukan proyek, tapi program. Kami harap dukungan dan aksi nyata semua pihak bersama menyukseskan program ini demi perbaikan ekonomi masyarakat Kolut,” pungkasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top