Pariwara
Politik

Tidak Patuh, Atribut Kampanye di Konawe Bakal Diturunkan Paksa

Mencermati pemasangan APK, KPUD bersama Bawaslu, dan Satpol PP melakukan rapat koordinasi di Aula KPUD Konawe, Selasa (6/11). Dari hasil Rakor, tiga lembaga ini sepakat melakukan penertiban terhadap APK yang melanggar. Tampak suasana pelaksanaan Rakor. FOTO: HELSON MANDALA PUTERA/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Ruang telah diberikan. Sayangnya, upaya persuasif yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe tak berbuah hasil. Sebagai bentuk ketidakpatuhan peserta Pemilu, lembaga penyelenggara Pemilu ini akhirnya memutuskan untuk melakukan penertiban terhadap alat peraga kampanye (APK).

Komisioner KPUD Konawe, Andang Masnur mengatakan telah melakukan koordinasi dengan Bawaslu dan Satpol PP. Hasilnya, sudah ada kesepakatan. Makanya, pihaknya akan segera melakukan penertiban. Pertimbangan putusan ini merujuk pada UU nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, PKPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye, PKPU Nomor 28 tahun 2018 tentang perubahan PKPU Nomor 23, dan surat edaran KPU RI Nomor: 1096/PL.01-5-Kpt/06/KPU/IX/2018 tentang petunjuk teknis fasilitasi metode kampanye.

“Iya, seperti penertiban APK merupakan kewenangan Satpol PP. Kemudian, APK yang ditertibkan yakni yang tidak sesuai zona yang disepakati, atau yang berada diluar zona dan tidak memiliki izin tertulis dari pemilik wilayah. Lalu, APK yang tidak memenuhi unsur etika, estetika, keindahan, ketertiban, dan keamanan,” ungkap Koordinator Divisi SDM dan Parmas KPUD Konawe Selasa (6/11).

1 of 3

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top