Space Iklan
Pariwara
Konawe

Puspa Terapkan Three Ends di Konawe

HELSON MANDALA PUTRA/KENDARI POS
KEKERASAN : Sosialisasi dan rapat koordinasi program Puspa di Kabupaten Konawe dalam upaya menerapkan Three Ends.

KENDARIPOS.CO.ID — Pada tahun 2017 lalu, jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Konawe menjadi yang tertinggi di Provinsi Sulawesi Tenggara. Jumlahnya mencapai 79 kasus. Pada periode Januari sampai September 2018 ini, jumlahnya turun menjadi 29 kasus. “Alhamdulillah, setelah kita memaksimalkan sosialisasi dan pendampingan, angkanya turun drastis,” ungkap Kepala DP3A Konawe, Cici Ita Ristianty.

Untuk lebih meminimalisir angka kekerasan, pihaknya mendukung forum partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) yang diinisiasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan. Melalui program Three End, Puspa bertujuan mengakhiri kekerasan perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia dan akhiri kesenjangan ekonomi.

“Untuk memaksimalkan program ini, nanti kita akan gabungkan dengan program Pemkab Konawe,” ujarnya. Sementara itu, Ketua Forum Puspa, Hamsidah, mengatakan, data angka kekerasan cukup tinggi hampir di setiap daerah. Makanya pihak Kementerian berinisiatif mendukung pembentukan Forum Puspa di daerah. Konawe menjadi sasaran Puspa karena jumlah kasus kekerasan perempuan dan anak selalu tinggi dibandingkan daerah lain di Sultra.

“Tujuan utamanya, untuk mengakhiri kekerasan pada perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia, akhiri kesenjangan ekonomi,” ulangnya. Puspa mengharapkan sinergitas antar pemerintah, pelaku pemberdaya, Universitas, Perbankan dan media. “Maka kita berkoordinasi dengan pemberdayaan perempuan, dan menginisiasi Puspa untuk melaksanakan Three Ends. Untuk pendanaan menggunakan konsep sharing dengan berbagai pihak, baik swasta, Pemkab maupun pemerintah desa,” pungkasnya.(c/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top