Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Kondisi Ekonomi Konsumen di Sultra Meningkat

Suasana konferensi pers terkait kondisi ekonomi konsumen di Sultra yang berlangsung di ruang video conference (VICON) BPS Sultra, Senin (5/11) lalu. Foto: Afus Setiawan/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengungkap secara umum konsumen merasakan adanya peningkatan kondisi ekonomi di Bumi Anoa. Hal itu diungkap Kepala BPS Sultra, Moh. Edy Mahmud saat konferensi pers yang berlangsung di ruang video conference (VICON) BPS Sultra, Senin (5/11) lalu.

Menurutnya, meningkatnya kondisi ekonomi konsumen di Sultra bisa dilihat dari Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Sultra Triwulan III tahun 2018 yang tercatat sebesar 100,55. Artinya kondisi ekonomi konsumen meningkat dibanding triwulan sebelumnya, namun dengan tingkat optmisme yang lebih rendah dari triwulan sebelumnya yang turun 25,37 poin.

“Kondisi ini didorong oleh peningkatan pendapatan rumah tangga atau nilai indeks sebesar 101,42. Inflasi cenderung tidak mempengaruhi pengeluaran rumah tangga yang ditandai dengan indeks pengaruh inflasi terhadap konsumsi atau nilai indeks 100,21. Namun demikian indeks volume konsumsi rumah tangga mengalami penurunan atau nilai indeks 98,92,” terang Edy.

1 of 3

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top