Pariwara
Edukasi

FH UHO Seminar Hukum Kemaritiman dan Pengelolaan Lingkungan

Rektor UHO Prof. Dr. Muhammad Zamrun, M.Si., M.Sc (kanan) saat menyerahkan cinderamata kepada Gubernur Sultra H. Ali Mazi yang hadir dalam seminar nasional “Perspektif Hukum Atas Kemataritiman, General Administrative Law Act, Perizinan dan Penegakan Hukum di Bidang Lingkungan” yang berlangsung di Auditorium Mokodompit, Selasa (6/11).

KENDARIPOS.CO.ID — Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo (FH UHO) menggelar seminar nasional bertemakan “Perspektif Hukum Atas Kemaritiman, General Administrative Law Act, Perizinan dan Penegakan Hukum di Bidang Lingkungan” yang berlangsung di Gedung Auditorium Mokodompit, Selasa (6/11).

Kegiatan ini dihadiri langsung Gubernur Sultra, H. Ali Mazi beserta jajarannya dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sultra, Rektor UHO Prof. Dr. Muhammad Zamrun, M.Si.,M.Sc., kemudian dihadiri juga pembicara dari Belanda, yakni Prof. Dr. G.H. Addink serta perwakilan dari Universitas Airlangga, Prof. Fr. Tatiek Sri Djatmiati, SH., M.Si.

Mengawali sambutannya, Rektor UHO Prof. Dr. Muhammad Zamrun, M.Si.,M.Sc., menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sultra H. Ali Mazi yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.”Ini kunjungan kerja perdana beliau di UHO sejak dilantik sebagai Gubernur Sultra, terima kasih sudah berkenan hadir,” ujar Prof. Zamrun diikuti tepuk tangan dari peserta yang hadir dalam seminar itu.

Lanjut dia, seminar ini, mengangkat isu perizinan dan lingkungan dimana isu ini sangat sesuai dengan karakteristik Sultra sebagai daerah kepulauan.”Perlu diketahui Sultra merupakan salah satu pilot project untuk penegakan hukum terkait dengan perizinan. Oleh karena itu, isu terkait perizinan dan lingkungan menjadi topik utama pada seminar ini, semoga para peserta khususnya kalangan mahasiswa, stakeholder terkait maupun masyarakat luas bisa lebih memahami tentang aspek perizinan terkait dengan pengelolaan lingkungan,” terang Prof. Zamrun

Sementara itu, Gubernur Sultra H. Ali Mazi mengatakan, pelaksanaan seminar ini sangat sinkron dengan strategi pembangunan yang sedang digencarkan yakni strategi Gerakan Pembangunan Terpadu Wilayah Daratan dan Lautan/Kepulauan (GARBARATA).

“Jadi menurut saya poin terpenting yang relevan dengan tema seminar ini adalah bagaimana pembangunan yang menitikberatkan pada konektivitas antar wilayah melalui pengembangan infrastruktur kewilayahan di darat dan lautan dalam rangka menumbuh kembangkan dan memanfaatkan potensi sumber daya alam serta pembangunan yang bertumpu pada pelestarian sumber daya alam dan peningkatan nilai tambah dalam rangka peningkatan daya saing daerah,” bebernya.

Ali Mazi berharap, melalui pelaksanaan seminar ini kiranya bisa melahirkan pemikiran-pemikiran yang progresif dalam rangka menata kawasan lingkungan strategis pembangunan di Sultra. “Nah, dengan begitu buah pemikirannya nanti bisa jadi dasar bagi kami dalam menentukan kebijakan daerah ke depannya,” imbuhnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top