Pariwara
Konawe Utara

Antisipasi Musim Hujan, BPBD Konut Usul Normalisasi Sungai

HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
ANTISIPASI : Kabid Kedaruratan BPBD Konut, Djasmidin (tengah) saat meninjau lokasi sungai yang diusulkan untuk dinormalisasi di Kelurahan Wanggudu, Kecamatan Asera untuk mencegah banjir jelang musim penghujan.

KENDARIPOS.CO.ID — Meski belum memasuki musim penghujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe Utara (Konut), sudah menyiapkan antisipasi dalam menanggulangi banjir maupun pascabanjir. Apalagi Konut menjadi salah satu daerah yang dianggap rawan bencana tersebut. “Kami memperkuat kemampuan personel secara internal dengan mempersiapkan tim reaksi cepat (TRC) untuk mendapatkan tenaga ahli di lapangan. Ini juga salah satu antisipasi jika banjir tiba,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Konut, Djasmiddin, Selasa (6/11).

Sedangkan untuk antisipasi jangka panjang, BPBD Konut telah melakukan monitoring dan evaluasi penyebab terjadinya banjir. BPBD telah memprogramkan dan mengusulkan normalisasi sungai pada beberapa titik yang dianggap rawan terjadinya luapan air bila musim hujan tiba. “Yang kita usulkan mulai dari normalisasi sungai, pembangunan jembatan, tanggul hingga talut. Program itu sudah disusun dalam bentuk rencana kegiatan anggaran. Kita haapkan dapat diterima saat pembahasan anggaran nanti di DPRD,”ujarnya.

Djasmiddin menuturkan saat ini musim hujan memang belum tiba. Hujan beberapa hari yang turun masih bersifat sementara, karena turunnya hanya berlangsung beberapa jam saja. “Ini masih kategori musim kemarau. Seperti semalam di Kecamatan Andowia hujan, tapi sekarang panas. Apalagi kalau dilihat dari data BMKG, ternyata sebentar malam belum tentu hujan. Memang pada beberapa daerah Sultra ada yang hujan, tapi belum masuk kategori intens,” jelasnya.

Menurut Djasmidin, musim hujan besar diprediksi mulai awal Februari-Juni. BPBD tetap berupaya mengantisipasi bila hal-hal tak diinginkan terjadi. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top