Pariwara
Buton

Pemkab Buton Bagikan 114 Unit Alat Pengendali Hama

WA ODE AMALA/KENDARI POS
PEMBASMI HAMA : Bupati Buton La Bakry (tengah) bersama Sekab, Ld. Zilfar Djafar (keempat dari kanan) dan Kadis Pertanain, Dewangga (kelima dari kiri) serta Camat Pasarwajo, Amruddin (keempat dari kiri) berpose bersama usai penyerahan alat pengendali hama, senin (5/11)

KENDARIPOS.CO.ID — 114 unit alat pengendali hama diserahkan secara simbolis oleh Bupati Buton, La Bakry pada sejumlah kelompok tani di Kantor Camat Pasarwajo, Senin (5/11). Dalam kesempatan tersebut, La Bakry berharap, bantuan itu harus dimanfaatkan dengan baik agar tanaman petani terbebas dari penyakit. “Bantuan ini datangnya berawal dari usulan masyarakat. Jadi kita serahkan pada warga untuk dimanfaatkan secara maksimal,” papar La Bakry.

Jika pada tahun ini alat tersebut dapat difungsikan dengan baik dan benar, maka besar peluang pada 2019 mendatang, Pemkab akan menambahnya. “Sehingga kelompok masyarakat lainnya bisa mendapatkan lebih banyak lagi. Saya berharap bantuan ini bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas petani. Sangat disayangkan jika telah mendapat alat pembasmi hama, namun tidak digunakan,” sambung Buton-1 itu.

Di tempat yang sama, Kadis Pertanian Buton, Dewangga, menjelaskan pengadaan alat pengendali hama merupakan program Pemkab dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian daerah. Salah satu caranya, dengan mengendalikan hama tanaman. “Lebih efektif dengan cara menggunakan sinar surya. Sebab kalau menggunakan obat-obatan, itu sangat berbahaya bagi kesehatan dan produktivitas tanaman lain.

Anggaran untuk 114 unit alat pengendali hama ini bersumber dari dana alokasi khusus (DAU) sebesar Rp 500 juta,” jelas Dewangga. Ia merinci jumlah kecamatan yang menerima bantuan tersebut dibagi tiga wilayah. Setiap zona mendapat 58 unit mencakup Kecamatan Pasarwajo 36 unit, Wabula 12 unit dan Wolowa 10 unit. Untuk wilayah dua, Siotapina sebanyak 22 unit dan Kecamatan Lasalimu Selatan 21 unit. Sementara wilayah tiga dialokasikan untuk kelompok tani di Kecamatan Kapontori sebanyak 21 unit dan Lasalimu 22 unit.

“Ini merupakan tahun ketiga kami menyalurkan bantuan pada kelompok tani. Tahun ini yang terbanyak dari sebelumnya. Apabila alat ini dapat bermanfaat dan berfungsi baik serta sangat dibutuhkan, maka tahun berikutnya kami akan meningkatkan lagi jumlahnya. Saya berharap alat ini dapat dimanfaatkan dan dirawat. Karena ini juga bukan hanya dipasang begitu saja namun harus ada pemeliharaan dan dikontrol,” pinta Dewangga. (c/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top