Pariwara
Edukasi

Peduli Destinasi Wisata, SMAN 1 Kulisusu Helat Aksi Bersih-bersih Cagar Budaya

Hadrian Indra Mappa/Kendari Pos
Siswa SMAN 1 Kulisusu berpose bersama usai membersihkan sampah di Benteng Lipu Kilisusu, Kabupaten Buton Utara.

KENDARIPOS.CO.ID — SMAN 1 Kulisusu Kabupaten Buton Utara (Butur) tak hanya mendidik siswanya untuk memperoleh prestasi akademik. Siswa-siswinya ditanamkan sifat peduli terhadap kebersihan destinasi wisata dan cagar budaya di Lipu Tinadeakono Sara tersebut. Melalui pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 1 Kulisusu, secara sukarela membersihkan sampah berserakan di Benteng Lipu Kulisusu dan Pantai Kampa, Minggu (4/11). Wakil Kepala SMAN 1 Kulisusu, Alamsyah menuturkan bahwa kegiatan peduli kebersihan wisata dan cagar budaya merupakan implementasi program sekolah rujukan sebagai satu-satunya di Butur tahun ini.

“Sebagaimana yang tertuang dalam rencana aksi program SMA rujukan untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial dan kegiatan keagamaan, ” ujar Alamsyah. Dia menambahkan, titik kegiatan bakti sosial di lokasi di Benteng Lipu dan pantai Kampa. Tujuannya sebagai bentuk kepedulian SMAN I Kulisusu terhadap kebersihan lingkungan. “Kepada siswa-siswi kami berharap melalui kegiatan ini rasa kepedulian dan mencintai keindahan dan bisa memotivasi rekan sejawat untuk selalu menjaga kebersihan terutama pada fasilitas umum,” harapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Butur, Harlin Hari mengapresiasi kegiatan digagas pelajar tersebut. Menurutnya, rasa peduli menjaga kebersihan dan kelestarian destinasi wisata. Juga cagar budaya harus dibentuk dalam satuan pendidikan. “Kegiatan ini kreatif dan sangat bermanfaat bagi daerah. Tugas pelajar selain menuntut ilmu. Juga aktif dikegiatan ekstrakulikuler tergabung dalam osis ini patut diapresiasi,” ujar Harlin Hari turut menyaksikan siswa SMAN 1 Kulisusu membersihakan destinasi wisata dan cagar budaya Butur.

Harlin menambahkan, menjaga kebersihan wisata dan cagar budaya bukan hanya tugas organisasi perangkat daerah terkait. “Olehnya itu, saya mengajak masyarakat menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan, terutama sampah-sampah plastik,” tandasnya. (had)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top