Pariwara
Konawe Utara

Dishub Konut Diminta Tegas Tertibkan Truk Pengangkut CPO

Rasmin Kamil

KENDARIPOS.CO.ID — Tumpahan crude palm oil (CPO) atau minyak sawit terlihat mencemari ruas jalan di puncak Desa Awila, Kecamatan Molawe hingga Lambuduria, di Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara (Konut). Kondisi tersebut mendapat sorotan dari pihak DPRD setempat. Sebab, tumpahan hasil produksi salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit itu dapat membahayakan pengendara lain yang melintas di poros Trans Sulawesi.

“Tanpa kita bicarapun, persoalan itu harusnya sudah menjadi tanggung jawab Dinas Perhubungan Konut untuk melakukan penertiban terhadap mobil yang memuat CPO. Semestinya Dishub melakukan peneguran, jangan dibiarkan,” sindir Ketua Komisi I DPRD Konut, Rasmin Kamil, Senin (5/11). Ketua DPC PKB Konut menjelaskan persolan tumpahan CPO itu jangan dibiarkan terus terjadi. Sebab dapat fatal dan berdampak pada kecelakaan lalu lintas.

Untuk menghindari insiden yang tak diinginkan, pihak DPRD Konut mendesak agar kendaraan pengangkut minyak sawit itu ditertibkan. “Kalau memang hal kecil seperti itu tak bisa ditertibkan, pimpinan daerah harus melakukan evaluasi terhadap kinerja pimpinan instansi terkait, khususnya Kepala Dinas Perhubungan. Karena ini menyangkut persoalan keselamatan. Pemerintah harus hadir,” sorot Rasmin Kami lagi.

Ia menyebut, kejadian tumpahan minyak kelapa sawit di ruas jalan Trans Sulawesi sudah kerap terjadi. Bahkan beberapa pengguna jalan kendaraan roda dua, nyaris tergelincir. “Saya juga berharap para pengguna jalan berhati-hati dalam berkendara agar terhindar dari kecelakaan,” pintanya. Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan Konut, Aris L yang hendak dikonfirmasi, tak berada di kantornya. Saat dihubungi, nomor telepon selulernya juga tidak aktif. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top