Pariwara
Wakatobi

DD Tahap III Wakatobi Belum Cair

La Ode Husnan

KENDARIPOS.CO.ID — Pencairan dana desa (DD) tahap III tahun ini, belum juga dilakukan. Padahal, sesuai jadwal proses tersebut sudah bisa dilakukan pada Agustus lalu. Kendalanya, laporan pertangungjawaban (LPj) sebagai salah satu syarat pencairan belum dipenuhi beberapa perangkat desa. Keterlambatan proses pencairan DD tahap III ini memang imbas dari proses sebelumnya. Pasalnya, pencairan DD sebesar 40 persen ini disebabkan proses tahap pertama dan kedua sebelumnya yang memang mengalami keterlambatan.

“Sesuai jadwal, harusnya sudah bisa diproses pada bulan Agustus hingga September lalu. Masih ada syarat yang tak dipenuhi pihak desa sehingga sampai saat ini belum ada yang DD-nya cair,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3APMD) Wakatobi, La Ode Husnan.

Meski begitu, ia mengaku saat ini hampir semua desa tengah menyelesaikan prosedur yang ada. Kemungkinan, sudah ada desa yang melakukan pencairan minggu depan. “Kan batasnya sampai Desember nanti. Tapi, kita upayakan minggu depan sudah ada yang cair,” tambahnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Nurbahtiar, menyebut hingga kini tersisa lima desa yang belum menyampaikan serapan anggaran tahap pertama dan kedua. “Kalau syarat ini sudah dipenuhi maka pihak BPKAD tinggal menyampaikan ke KPPN untuk diverifikasi. Setelah ada rekomendasi pembayaran dari instansi terkait, maka kami tinggal bayarkan ke pihak desa. Asal sudah memenuhi syarat yang ada,” tandasnya. (b/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top