Pariwara
Bombana

BKPSDM Bombana Identifikasi 13 ASN Korup

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bombana telah menemukan 13 nama aparatur sipil negara (ASN) berstatus terpidana korupsi yang telah menerima putusan berkekuatan hukum tetap (inkrah). Pihak BKPSDM bersama Bagian Hukum Pemkab Bombana masih terus mengidentifikasi nama-nama lain ASN yang berstatus terpidana korupsi. Sebab diketahui ada puluhan aparatur yang pernah terjerat kasus merugikan keuangan negara tersebut.

Kasubbid Evaluasi Kerja dan Penghargaan, BKPSDM Bombana, Zulfadli Zaid, membenarkan, pihaknya telah mengantongi nama-nama ASN koruptor tersebut. Namun ia belum mau menyebutkan identitas terpidana. Alasannya, mereka masih akan melakukan beberapa evaluasi. “Belum bisa kami sebutkan. Yang jelas sudah ada sejumlah nama terpidana lengkap dengan surat keputusan inkrah dari pengadilan. Kami belum bisa sebutkan karena harus melewati beberapa tahap lagi,” argumennya.

Pihak BKPSDM bersama Bagian Hukum Setkab Bombana terus berkoodinasi untuk mendapatkan surat inkrah lainnya. Semuanya dilakukan oleh pihak Bagian Hukum. Setelah mendapatkan hasilnya akan diberikan pada BKPSDM untuk dievaluasi. “Jadi kami tinggal menunggu dari Bagian Hukum, karena mereka yang mengerti secara yuridis dan mendapatkan surat putusan. Kami hanya diberi rilis saja,” sambungnya.

Zulfadli juga menjelaskan pihaknya sangat kesulitan untuk memenuhi surat keputusan bersama (SKB) Mendagri, MenPAN-RB dan BKN tentang pemberhentian ASN terpidana korupsi. Karena pihaknya tidak mendapatkan laporan baik dari kejaksaan maupun pengadilan tentang ASN Bombana yang pernah terjerat kasus korupsi. “Seharusnya dari awal penyelidikan atau penyidikan kami sudah mendapatkan surat pemberitahuan bahwa ada pegawai yang terjerat korupsi. Agar kami dari awal bisa melakukan pendataan dan tidak kesulitan,” pungkasnya. (b/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top