Pariwara
Bau-bau

Alami Defisit, PLN Baubau Lakukan Pemadaman

M. Yusron Affandi

KENDARIPOS.CO.ID — Perusahan Listrik Negara (PLN) Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kota Baubau sedang mengalami defisit daya. Akibatnya, pihak PLN harus melakukan pemadaman listrik secara bergilir untuk menghemat pasokan. Meski demikian, kondisi itu dipastikan tak akan memengaruhi proses pelaksanaan tes CPNS di Baubau yang sementara berlangsung. Wilayah tempat penyelenggaraan tes di Gedung Maedani dijamin tidak akan terjadi pemadaman.

“Kami sudah sampaikan pada pihak pembangkit dan juga pengatur beban di sini (PLN), untuk listrik yang menyuplai ke Gedung Maedani harus tetap on. Itu menjadi prioritas karena ada pelaksanaan tes CPNS. Makanya tidak akan ada pemadaman sampai proses tes selesai nanti,” jamin Pelaksana Tugas (Plt) Manajer PLN ULP Kota Baubau, M. Yusron Affandi saat dikonfirmasi, Senin (5/11).

Diakuinya, pasokan utama listrik yang ada di Gedung Maedani bersumber dari PLN. Makanya itu menjadi perhatian khusus bagi pihaknya selama proses seleksi CPNS dilakukan. “Tapi Gedung Maedani juga sudah memiliki genset sendiri untuk mengantisipasi jika terjadi pemadaman,” sambungnya. M. Yusron Affandi menjelaskan, jumlah defisit daya saat ini sekitar 6 Megawatt. Itu karena ada pemeliharaan rutin pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Baruta sejak awal Oktober lalu. Kondisi itu akan terus berlangsung sampai akhir November 2018.

“PLTU Baruta merupakan penyuplai sebagian besar sistem kelistrikan di Baubau, dengan dua pembangkit yang masing-masing kapasitas 7 MW. Tetapi selama dua bulan ini dilakukan pemeliharaan secara bergantian. Makanya ketika salah satu pembangkit diperbaiki, maka suplai daya berkurang. Manya terjadi pemadaman bergilir pada waktu beban puncak pukul 17.00 hingga 22.00 Wita. Itu berlaku di seluruh wilayah layanan listrik PLN ULP Kota Baubau,” paparnya. (b/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top