Pariwara
Konawe Utara

Warga di Lingkar Destinasi Wisata Konut Harus Kreatif

HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
KREATIF : Fasilitas kolam yang disiapkan Dinas Pariwisata Konut di lokasi Air Panas Wawolesea. Para pengujung menikmatinya, baik untuk berendam maupun sekadar berfoto.

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi pariwisata yang dimiliki Konawe Utara (Konut) sangat menjanjikan untuk terus dikembangkan. Namun pengembangan destinasi tak hanya melibatkan pemerintah daerah. Keterlibatan masyarakat di wilayah lingkar pariwisata sangatlah diharapkan. Penegasan itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Konut, Yade Rianto.

“Masyarakat yang berada di areal pariwisata, harus kreatif. Jangan hanya menunggu. Warga harus proaktif membuat sesuatu yang bernilai ekonomis. Sehingga pengunjung yang berwisata tidak hanya menikmati pemandangan, ada buah tangan yang dibawah pulang,” cetus Yade Rianto. Mantan Sekdis Pariwisata Konut itu menambahkan, kreativitas yang dimaksud dengan membuat wahana permainan pada areal pariwisata. Seperti di lokasi wisata air panas Wawolesea, warga sekitar bisa membuat wahana permainan dengan konsep alami.

“Bisa dibuat jembatan gantung melalui seutas tali yang diikat dari satu pohon ke tempat lain, misalnya. Dengan cara itu pengunjung tak akan merasa bosan untuk terus berkunjung di areal pariwisata,” paparnya. Tidak hanya itu, warga yang bermukim di areal obyek pantai juga bisa membentuk kelompok pariwisata. Sehingga warga bisa mengadakan wahana permainan berupa banana boat yang ditarik menggunakan perahu ketinting atau speedboat. “Kreativitas warga perlu ditumbuhkembangkan di areal pariwisata. Perbanyak wahana dengan konsep alam yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Membuat baju, kesenian dari kerang laut maupun semacamnya,” urai Yade Rianto.

Sementara di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo Kepulauan, warga di wilayah itu menjadikan rumah pribadi sebagai homestay. Mereka juga memanfaatkan bahan-bahan kerang untuk dijadikan bahan jualan bagi pelancong. “Kalau dari Dinas Pariwisata, kami berupaya menyiapkan amenitas berupa sarana dan prasarana pariwisata. Baik itu gazebo maupun WC umum dan beberapa fasilitas umum lainnya. Beberapa lokasi wisata amenitasnya sudah terpenuhi. Ini kita lakukan untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung,” urainya.

Yade Rianto menambahkan anggaran pariwisata untuk memenuhi amenitas sebesar Rp 2,1 miliar melalui dana alokasi khusus (DAK) 2018. Tahun 2019 nanti, Dinas Pariwisata terus berupaya untuk menambah sarana dan prasarana pendukung lainnya. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top