Pariwara
Buton Utara

Disdukcapil Butur Sosialisasi Format Baru KK

Muh. Asri

KENDARIPOS.CO.ID — Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buton Utara (Butur) sedang menyosialisasikan regulasi yang berlaku terkait tata cara pengurusan kartu keluarga (KK) dengan format baru. Diketahui, ada penambahan kolom golongan darah dan tanggal perkawinan. Tak hanya itu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut juga terus mengimbau warga yang belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) untuk segera melakukan perekaman sebelum 31 Desember 2018. Jika tidak, datanya akan diblokir.

“Dasar hukum tata cara pengurusan KK sekarang berdasarkan Permendagri nomor 118 tahun 2017. Ada dua kolom baru yang ditambahkan, golongan darah dan nomor surat nikah atau akta perkawinan,” ujar Kepala Disdukcapil Butur, Asri, Minggu (4/11). Ia menjelaskan, penambahan dua kolom golongan darah dan tanggal perkawinan tersebut merupakan instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Mantan Kepala SMA itu menambahkan, penerapan nomor surat perkawinan untuk menjelaskan status pernikahan masyarakat, baik dirinya sendiri maupun orangtuanya, menikah secara hukum negara atau sah secara agama. Jika menikah secara hukum negara, nomor tersebut tercantum pada akta dan surat nikah. Sedangkan jika menikah secara agama, kolom tersebut juga akan tetap diisi registrasi. Namun yang menerbitkan nomornya berbeda, bukan Kemenag atau Disdukcapil, melainkan pihak yang menikahkan pasangan tersebut.

“KK dengan format baru ini diterbitkan bagi masyarakat yang mengurus setelah bulan Juni. Sedangkan KK dengan format lama juga berlaku. Namun jika ada perubahan data dalam KK, Disdukcapil akan menerbitkan KK dengan format baru,” tandas Asri. (c/had)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top