Pariwara
Buton Utara

Bupati Butur Resmikan Fasilitas Air Bersih

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
AIR BERSIH : Bupati Butur, Abu Hasan ketika meresmikan operasional sarana air bersih yang akan melayani warga pada lima desa di Kecamatan Wakorumba Utara, akhir pekan lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Warga pada lima desa di Kecamatan Wakorumba Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur) kini tak lagi kesulitan mendapatkan air bersih. Saluran pipa air telah sampai di kediaman warga. Bupati Butur, Abu Hasan, baru saja meresmikan sarana tersebut. “Sarana air bersih ini untuk warga Desa Labuko, Lasiwa, Labaraga, Labajaya dan Laeya dan dibangun Yayasan Sintesa-BFDW (Jerman) dan swadaya masyarakat,” ujar Abu Hasan, akhir pekan lalu.

Mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu sangat mengapresiasi program air bersih bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian. Air bukan hanya untuk mandi dan memasak saja, tapi bisa dijadikan peluang bisnis dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. “Karena di era sekarang ini, kita dituntut untuk kerja keras dan menghasilkan sesuatu yang positif untuk menunjang kesejahteraan. Konsep ini bisa sinergi. Pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa bersama perangkatnya, BUMDes dan koperasi harus sudah diaktifkan karena akan dijadikan basis ekonomi permanen di desa,” terangnya.

Abu Hasan menambahkan, akan ada penyertaan modal dari dana desa untuk usaha usaha produktif. Pemerintah sedang menyelesaikan peraturan daerah untuk badan usaha milik daerah sehingga kekuatan BUMDes akan ditopang kekuatan BUMD. Sementara itu, Pendiri Yayasan Sintesa, Muhlis Rauf, menjelaskan, sudah ada 76 program air bersih desa di seluruh Indonesia dan Buton Utara berkesempatan menikmati bantuan serupa. “Ini merupakan bentuk dukungan Sintesa dalam pelaksanaan pertanian organik di Butur,” tandasnya. (c/had)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top