Pariwara
Kolaka Utara

Kementan Bantu Mesin Panen Jagung Petani Kolut

KENDARIPOS.CO.ID — Budi daya tanaman sela melalui komoditas jagung dalam program revitalisasi kakao di Kolaka Utara (Kolut), mendapat dukungan pemerintah pusat. Kementerian Pertanian (Kementan) mengirim tiga unit mesin combine corn harvester atau alat pemanen jagung dan kini telah tiba di Dinas Pertanian (Distan) Kolut, Jumat (2/11/2018).

Kadis Pertanian Kolut, Samsu Ridjal, mengaku, tak tahu pasti berapa nominal tiga unit mesin yang dibiayai APBN tersebut. Pihaknya tinggal menerima mesin pemanen tersebut dan akan dimanfaatkan masyarakat mempercepat produksi tanaman yang sudah siap tuai. “Pemerintah pusat mengirim barang (mesin) itu melalui provinsi dan diteruskan ke kami,” ujarnya.

Ketiga alat tersebut akan ditempatkan pada zona utara Kolut, pertengahan daerah dan di area selatan. Mekanisme pengoperasiannya, pihak Dinas Pertanian sudah menunjuk petugas brigade. “Jika ada permintaan masyarakat mau panen, maka alatnya diarahkan ke lokasi tersebut. Ada petunjuk teknis lebih detailnya dan kami akan pelajari dulu,” tutur Samsu Ridjal. Ia berharap mesin itu dimanfaatkan dengan baik dan hasil panen semakin meningkat. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top