Pariwara
Buton

Satpol PP Buton Sosialisasi Perda IMB

KENDARIPOS.CO.ID — Sosialisasi terkait pentingnya memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) sedang dilakukan jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Buton, pada warga di wilayah tersebut. Sebagai langkah awal, Polisi Penegak Perda tersebut kini fokus pada warga di Kecamatan Pasarwajo sebagai ibu kota kabupaten. Kepala Satpol PP Kabupaten Buton, Juriadin, menegaskan, langkah yang dilakukan pihaknya sesuai peraturan daerah (Perda) nomor 8 tahun 2010 tentang retribusi izin membangun. Sosialisasi yang sudah ketiga kalinya dilakukan tersebut, merupakan wujud kepedulian Satpol PP dalam penegakan Perda. “Sosialisasi ini sekaligus melihat sejauh mana tingkat kesadaran masyarakat memiliki IMB. Kami juga sudah komunikasikan dengan instansi terkait,” ujarnya, kemarin.

Dalam sosialisasi itu juga, Juriadin mengaku, pihaknya memberikan pemahaman pada masyarakat tentang Perda IMB, karena masih banyak masyarakat belum memahami aturan tersebut. “Karena kadang-kadang masyarakat ketika melakukan renovasi bangunan dan menambah volume, tidak lagi izin. Ini juga banyak ditemukan,” ungkapnya. Kurangnya kesadaran masyarakat menjadi salah satu penyebab minimnya penerbitan IMB. Kondisi tersebut juga diduga karena kurangnya sosialiasi dari instansi terkait, seperti Dinas Penanaman Modan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) setempat. “Makanya saat ini kami coba intens turun ke lapangan untuk memberi pemahaman pada masyarakat,” tandas Juriadin.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Buton, La Ode Jahaba, mengaku, dari 38 Perda yang ada, pihaknya masih fokus pada sosialisasi pada penegakan aturan izin reklame, IMB, izin lingkungan, serta SITU dan SIUP. Setelah itu, pada 2019 mendatang sudah akan melakukan tindakan tegas bagi pelanggar Perda.

Jahaba menegaskan, dalam melakukan penindakan, Satpol PP berpedoman pada tindak pidana ringan sesuai KUHP. Jika nantinya masyarakat tetap tak mengindahkan Perda dimaksud, maka Satpol PP yang telah bekerja sama dengan Polres Buton sebagai koordinator pengawas (Korwas) akan turun menindak. “Tahun 2019 nanti, kami sudah terapkan penindakan, tapi tetap melakukan langkah persuasif. Mudah-mudahan pemangku kepentingan bisa memahami penerapan Perda harus seperti apa, agar ke depan menjadi perhatian serius,” paparnya. (b/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top