Pariwara
Konawe Kepulauan

PPS-PPK Konkep Lakukan Pencoklitan Terbatas

Ketua KPU Konkep, Iskandar.

KENDARIPOS.CO.ID — Tahap penyempurnaan data pemilih melalui gerakan melindungi hak pilih (GMHP) di Konawe Kepulauan (Konkep) telah berakhir. Saat ini, hasil validasi data pemilih telah disusun panitia pemungutan suara (PPS). Sesuai tahapan, pleno rekapitulasi daftar pemilihan tetap hasil perbaikan (DPTHP)-2 akan ditetapkan di tingkat Desa/Kelurahan hari ini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konkep, Iskandar mengaku belum bisa memastikan jumlah pemilih baru yang terdata. Hingga kini, hasil pencermatan masih sementara direkap. Tidak hanya bagi pemilih baru, namun juga pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) seperti data ganda, pemilih yang telah meninggal dunia hingga pemilih yang melakukan perbaikan elemen data. “Kami belum bisa memastikan berapa pemilih baru, data yang dihapus atau tidak memenuhi syarat. Sebab hingga kini, datanya masih disusun. Setelah prosesnya rampung, barulah akan ketahuan hasilnya,” kata Iskandar saat ditemui, Jumat (2/11).

Saat ini, PPS dan PPK sedang melakukan pencoklitan terbatas. Sesuai tahapan, proses penyusunan dan rekapitulasi DPTHP-2 tingkat PPS mulai 29 Oktober s.d 3 November. Sementara di tingkat PPK, telah dimulai tanggal 1 s.d 6 November. Hasil pleno di tinggat PPK kembali akan divalidasi KPUD. Tahapan penyusunannya DPTHP-2 akan dilaksanakan tanggal 9-11 November. “Sebelum ditetapkan, hasil validasi data pemilih ini akan dipleno secara berjenjang. Dimulai di tingkat PPS, PPK hingga ke KPU. Jadi, kita tunggu saja prosesnya. Yang pastinya, ada kemungkinan DPTHP lalu mengalami perubahan,” ujarnya. Setelah tahapan ini, pihaknya akan mengadakan Rakor singkronisasi data bersama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Konkep dan partai politik terkait data-data tersebut. “Saat ini, datanya belum direkap. Kami masih dilakukan olah data tingkat bawah,” pungkasnya. (b/san)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top