Pariwara
Kolaka Timur

La Ode Ishak : APIP Koltim Terbaik Ketiga

La Ode Ishak

KENDARIPOS.CO.ID — Peran Inspektorat cukup penting di daerah, apalagi sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP). Lembaga tersebut harus melakukan pengawasan sesuai standar yang diinstruksikan secara berjenjang baik dari Kemendagri, Inspektorat Pusat maupun provinsi. Secara nasional standar pengawasan APIP harus berada pada level III. Untuk di Kolaka Timur (Koltim), APIP daerah tersebut baru memasuki level II plus.

Hal tersebut diakui Kepala Inspektorat Koltim, La Ode Ishak. Pihak telah menerima pengakuan masuk dalam peringkat tiga terbaik dalam menyukseskan APIP di daerah. Menurut dia, dari enam instrumen harus diwujudkan pengawasan APIP, pihak inspektorat baru menyelenggarakan dua poin. Selebihnya sedang dimaksimalkan untuk dipenuhi, sesuai standar nasional pada level III.

“Dengan dukungan Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah, peran APIP terus ditingkatkan. Posisi APIP Koltim saat ini berada pada peringkat ketiga dari 17 kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara,” ungkap La Ode Ishak saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat (2/11). Ia mengaku, untuk mencapai level III pengawasan, memang tak mudah. Semua butuh kerja keras dan kerja sama tim di lingkup Pemkab Koltim. “Target kami, APIP Koltim harus mencapai level III. Saya upayakan bisa terwujud cepat. Salah satu caranya dengan melakukan pengawasan ketat kemudian didukung regulasi piagam audit. Pemkab Koltim sangat mendukung melalui Peraturan Bupati nomor 33 tahun 2016 tentang pengawasan. Kami sudah terapkan sejak tahun 2016,” ujar La Ode Ishak. (c/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top