Pariwara
Kolaka Timur

Genjot Pembangunan Infrastruktur, Bupati Koltim Siapkan Rp 26 Miliar

Tony Herbiansyah

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Kolaka Timur (Koltim), H. Tony Herbiansyah terus berusaha merealisasikan visi dan misinya. Meski terbatas, namun anggaran yang ada terus dimaksimalkan. Terutama untuk membangun infrastruktur dasar. Selain memaksimalkan APBD, Tony juga menggunakan anggaran silpa untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di akhir tahun 2018. Jumlahnya cukup fantastis, mencapai Rp 26 miliar. “Kita manfaatkan dana silpa ini untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dasar,” ujar Tony, kemarin.

Ketua DPW NasDem Sultra ini mengungkapkan, dalam membangun daerah supaya lebih maju dan berkembang, butuh kerja keras bersama. Serta harus efektif mengunakan APBD. “Infrastruktur dasar Koltim harus ditata dengan baik dan tepat sasaran. Skala prioritas harus diutamakan dengan memperhatikan visi dan misi daerah. Muaranya, agrobisnis berdaya saing bisa terwujud pada lima tahun kepemimpinan kami,” jelasnya.

Tak hanya menyiapkan anggarannya, Tony juga intens blusukan ke lapangan untuk memastikan proyek fisik berjalan lancar dan kualitasnya terjaga. Seperti peningkatan jalan, pengaspalan, pembukaan jalan usaha tani, pembuataan jembatan dan box cupvert. Mantan Wakil Bupati Konawe ini mengaku, memasuki triwulan empat capai realisasi penerimaan fisik sudah mencapai 75 persen. Meskipun terkendala cuaca beberapa bulan lalu. “Sebagian pekerjaan sudah tuntas, tinggal sebagian saja yang belum. Insya Allah bisa tuntas sampai batas kontrak” ungkapnya.

Lanjut dia, APBD Perubahan tahun ini, fokusnya menyelesaikan pekerjaan bertahap. Tetapi ada juga proyek yang baru dimulai. Hanya saja tidak menghabiskan anggaran yang banyak dan waktu. “Pengaspalan kompleks perkantoran saja yang besar anggarannya. Saya optimis kalau dana APBD-P bisa tuntas dikerjakan hingga Desember mendatang. Kami juga dalam waktu dekat akan melaksanakan tender proyek,” kata Mantan Kepala BPMD Sultra ini.

Lanjut Tony, selain blusukan ke daerah-daerah terpencil, juga ada instruksi lisan maupun tertulis kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). “Dulu infrastruktur jauh ketinggalan dengan daerah lain. Tetapi kini mulai merata pada 12 kecamatan. Kita bangun secara bertahap,” jelasnya. Saat ini, 12 kecamatan di Koltim pembangunan infrastruktur merata dan bisa dirasakan masyarakat. Mulai peningkatan jalan, pengaspalan, pembuatan box culvert, hingga jembatan. “Semuanya permanen dan ketersedian listrik juga sudah dimanfaatkan rakyat. Prinsip saya kalau program tahun ini tidak boleh menyeberang tahun 2019,” imbuh mantan Kepala BKD Sultra ini. (b/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top