Pariwara
Kolaka Timur

Pemkab Koltim Gelar Rakernis Pengelolaan Dana Desa

Bupati Koltim, H. Tony Herbiansya (kiri) didampingi Kepala DPMD, Hanarudin saat membuka Rakernis tata kelola keuangan dan pemerintahan desa serta kelurahan.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) mengelar rapat kerja teknis (Rakernis) pada Pemerintah Desa (Pemdes), Kamis (1/11). Sebanyak 117 kepala desa, 16 lurah bersama 12 camat serta para bendahara dan sekretaris kembali diberi tambahan pengetahuan terkait pengelolaan keuangan dana desa (DD).

Kepala DPMD Koltim, Hanarudin, menjelaskan, Rakernis itu sebagai wujud pembinaan pada Pemdes. Agar pengelolaan DD bisa lebih tertib, transparan akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan. Itu sesuai undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan Peraturan Bupati Kolaka Timur nomor 55 tahun 3017 tentang dana desa.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 1 sampai 2 November. Diharapkan pemerintah desa bisa lebih mengetahui pengelolaan uang, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan DD masing-masing desa sesuai petunjuk teknis. Dalam Rakernis ini ada pemateri dari Kejaksaan, Kepolisian dan DPMD Koltim. Makanya saya harapkan bisa diikuti dengan baik,” kata Hanarudin, kemarin.

Sementara itu Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah, mengungkapkan, Rakernis itu sangat positif untuk diikuti. “Ini bukan sekadar seremonial saja, tetapi dalam konteks untuk menambah pengetahuan dan cara mengelola keuangan desa secara baik. Saya harap semua kepala desa serta perangkatnya, juga camat harus mengikuti Rakernis ini dengan serius. Sehingga ilmu yang diberikan dari Kejaksaan dan Kepolisian serta pemateri lainnya bisa bermanfaat dalam mengelola DD. Kelola dana desa dengan baik dan tepat sasaran sesuai prosedur yang berlaku,” tegas Tony.

Ia menjelaskan, saat ini pengawasan terhadap pengelolaan dana desa, cukup ketat. Semua dipantau Inspektorat, Kejaksaan, Kepolisian, sampai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Untuk itu, diharapkan semua kepala desa tidak bersentuhan dengan proses hukum. “Jadi harus kerjakan program sesuai aturan yang berlaku. DD tahun ini sebesar Rp 84 miliar dan ADD Rp 41 miliar. Insya Allah tahun depan DD naik menjadi Rp 96 miliar. Ini adalah perhatian pemerintah pusat berkolaborasi dengan Pemkab Koltim untuk membangun desa lebih baik dan maju” imbuhnya. (b/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top