Pariwara
Buton Utara

Cegah DBD, Dinkes Butur Gagas Satu Rumah Satu Jumantik

Dinkes Butur saat melakukan sosialisasi dan advokasi program satu rumah satu Jumantik di Kecamatan Kulisusu Utara.

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Utara (Butur) gencar melakukan sosialisasi dan advokasi terkait gerakan satu rumah satu juru pemantau jentik nyamuk (Jumantik). Organisasi Perangkat Daerah itu menyasar wilayah Kecamatan Kulisusu Utara yang telah dipetakan rawan terserang virus demam berdarah dengue (DBD) melalui gigitan nyamuk aedes aegypti.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Butur, Irman, menuturkan, sosialisasi dan advokasi program gerakan satu rumah satu Jumantik terus digencarkan di Kulisusu Utara. Tim Jumantik dibentuk masing-masing desa dua supervisor, tiga orang kordinator. Setiap rumah, satu orang bertanggung jawab memantau jentik.

“Tugas Jumantik mengecek tempat penampungan air dan lokasi yang dapat tergenang air. Apakah ada jentik atau sudah tertutup rapat. Untuk tempat air yang sulit dikuras diberi bubuk larvasida seperti abate,” ujar Irman saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (1/11). Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga itu menambahkan, Jumantik mendapat pelatihan khusus dan tinggal di sekitar wilayah pantau jentik nyamuk DBD. Pemantauan dilakukan satu kali dalam sepekan (biasanya jumat) pada pagi hari.

“Jika ditemukan jentik nyamuk maka petugas berhak memberi peringatan pada penghuni untuk membersihkan atau menguras agar bersih dari jentik,” imbaunya. Irman menambahkan, tim Jumantik harus membuat catatan dan laporan yang diperlukan. Selain itu, petugas Jumantik wajib melakukan pemantauan dengan teknik dasar minimal 3M. “Yakni menutup, menguras dan mengubur,” tandas Irman. (c/had)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top