Pariwara
Kolaka Utara

Hunian Warga Tinukari di Kolut Ditata Jadi Home Stay

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Wilayah Tinukari di Kecamatan Rante Angin, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) telah ditetapkan sebagai salah satu dari empat lokasi desa wisata. Hal itu membuka peluang bagi warga di sekitar lokasi destinasi wisata untuk menambah penghasilan dengan menjadikan hunian mereka sebagai home stay. Kepala Dinas Pariwisata Kolut, Idris, melalui Kabid Industri, Destinasi dan Pariwisata, Kamal Mustafa, menjelaskan, program pemerintah pusat saat ini menganggarkan penataan 8.000 unit home stay.

Saat ini baru terealisasi sekitar 2.000, hingga pihaknya mengusul agar rumah warga di kawasan desa wisata itu bisa dijadikan akomodasi bagi wisatawan. Di Sultra, Kolut diklaim terbanyak menetapkan desa wisata sebagai bentuk keseriusan Pemkab mengembangkan destinasi andalan.  Keuntungannya, desa wisata akan mendapat dana alokasi khusus. Tahun ini belum diketahui berapa nilainya. Namun, 2017 lalu, Pemkab Kolut menerima Rp 1,4 miliar dan dimanfaatkan untuk menata Danau Biru dan Pantai Berova.

Sementara itu, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata, Sri Rejeki, menjelaskan, ada beberapa objek yang dilirik Pemkab untuk dikomersialkan. Mulai dari Goa Tappareng, Puncak Babussalam dan wisata di Desa Lambai. Tempat ini tentunya sangat berpeluang menambah pendapatan asli daerah (PAD). “Tergantung dukungan dari masing-masing pemerintah desa. Kalau tidak direspon, lebih baik dialihkan ke desa lain saja,” pungkasnya. (b/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top