Pariwara
Konawe Utara

Sawah Mulai Kering, Pemkab Konut Bantu Salurkan Pipa dan Mesin Air

HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
SAWAH KERING : Kabid Kedaruratan BPBD Konut, Djasmidin (kanan) saat berada di areal persawahan Kecamatan Oheo usai mendistribusikan pipa air untuk mengatasi kekeringan. Tampak Bupati Konut Ruksamin, ketika turun menyerahkan bantuan pipa distribusi dan mesin penyedot air pada petani .

KENDARIPOS.CO.ID — Musim kemarau yang melanda daratan Konawe Utara (Konut) sejak Agustus hingga saat ini, tak hanya membuat pasokan air bersih menipis. Lahan pertanian yang ada di wilayah tersebut ikut mengalami kekeringan. Terutama lahan persawahan di Desa Puhialu, Kecamatan Oheo dan sekitarnya yang dilanda krisis air. Struktur lahan persawahan yang retak akibat musim kemarau, terlihat jelas. Kondisi itu membuat petani di Kecamatan Oheo terancam gagal panen. Dengan kondisi tersebut, Pemkab Konut berupaya mengatasinya dengan memberikan bantuan ratusan pipa, termasuk mesin untuk membantu penyedotan air untuk didistribusikan ke lahan pertanian warga.

“Sekitar 300 hektare lahan pertanian di Desa Puhialu, Kecamatan Oheo mengalami kekeringan. Itu disebabkan pengairan untuk mendistribusikan air ke areal persawahan mengalami kekeringan,” ujar Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut, Djasmidin, Selasa (30/10). Masalah kekeringan lahan pertanian di Kecamatan Oheo telah disampaikan ke Bupati Konut, Ruksamin. Pemkab langsung bergerak cepat menyelamatkan lahan pertanian warga.

“Alhamdulillah, lahan pertanian warga sudah bisa diselamatkan dengan adanya bantuan dari Pemkab berupa bantuan perpipaan untuk mendistribusikan air di lokasi persawahan. Selain pipa yang dibantu, juga diberikan mesin Alkon untuk menarik air,” ujar Djasmidin. Ia menjelaskan petani di Kecamatan Oheo yang mengalami kekeringan mengambil air melalui telaga tiga warna yang berada di tengah persawahan. Pasalnya, telaga tiga warna yang juga dijadikan sebagai lokasi wisata andalan Konut merupakan sumber mata air yang tak pernah kering bila musim kemarau tiba. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top