Pariwara
Kolaka Utara

Petani Kolut Mulai Panen Tanaman Sela

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
TANAMAN SELA : Panen perdana jagung sebagai tanaman sela yang diterapkan Pemkab Kolut pada petani kakao di wilayah tersebut.

KENDARIPOS.CO.ID — Komoditas jagung sebagai salah satu tanaman sela yang dikembangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) dalam proses revitalisasi kakao, mulai membuahkan hasil. Bupati Kolut, Nur Rahman Umar bersama jajarannya telah mengawali panen buah perdana yang berlokasi di Desa Kalahunde, Kecamatan Pakue Tengah. Nur Rahman cukup puas. Menurutnya, panen tersebut merupakan awal produksi jagung dengan bidikan skala lebih luas. Hasil panen itu sendiri tentunya dijual ke pembeli yang siap menampung hasil petani. “Setelah dimulai dan akan berlanjut secara berkala di kebun-kebun para petani kita,” ujar Kolut-1 itu, Selasa (30/10).

Pada kesempatan terpisah, Kadis Pertanian Kolut, Samsu Ridjal, menjelaskan, panen perdana di desa tersebut merupakan tanaman yang dikembangkan di salah satu demplot pengembangan kakao. Titik-titik demplot ini tersebar pada sejumlah kecamatan sebagai lahan yang disisipi tanaman sela diantara tanaman kakao sembari menunggu proses penanaman berbuah. “Hasilnya diperkirakan mencapai tujuh ton per 50 are. Yang dipanen itu hanya salah satu lokasi demplot saja. Lekas dipanen karena di demplot itu yang tercepat berbuahnya dan masih banyak demplot lain menunggu waktu panen,” terangnya.

Bibit yang disebar dan ditanam di sejumlah demplot kakao tersebut khusus yang didukung melalui APBD Kolut dengan menggunakan bibit jenis pasific 399. Pemkab secara tidak langsung memberikan contoh langsung pada para petani jika kakao yang ditebang masih bisa mendatangkan rupiah dengan cara budi daya tanaman sela yang sifatnya jangka pendek. “Jadi tak usah khawatir kakaonya ditebang karena itulah fungsi tanaman sela sebagai pendapatan sementara,” optimisnya. (b/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top