Pariwara
Konawe Selatan

DPRD Konsel Tandatangani KUA-PPAS 2019

KAMALUDDIN/KENDARI POS
ANGGARAN : Rapat paripurna dan penandatanganan nota kesepahaman penyusunan KUA-PPAS 2019 oleh Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo (kanan) dan Bupati, H. Surunuddin Dangga (tengah).

KENDARIPOS.CO.ID — Rapat paripurna dengan agenda penandatanganan nota kesepahaman terhadap kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) tahun anggaran 2019 digelar pihak DPRD Konawe Selatan (Konsel) dan pemerintah kabupaten (Pemkab). Sebelumnya, Tasman Lamuse yang mewakili delapan fraksi di lembaga legislatif tersebut meminta, hendaknya RAPBD 2019 disusun dengan pendekatan kinerja dan berpedoman pada prinsip efektifitas, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, serta manfaat bagi masyarakat.

“Kita ketahui bersama, rancangan kebijakan umum anggaran memuat kondisi ekonomi makro daerah, asumsi penyusunan APBD, kebijakan pendapatan daerah, kebijakan belanja daerah dan strategi pencapaiannya,” paparnya dalam rapat yang dipimpin langsung Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo dan dihadiri Bupati, H. Surunuddin Dangga dan wakilnya, H. Arsalim Arifin, Selasa (30/10).

Sedangkan rancangan prioritas plafon anggaran sementara, menurut Ketua Komisi I DPRD Konsel itu, harus disusun dengan menentukan skala prioritas pembangunan, program masing-masing urusan dan menyusun plafon anggaran. Tasman merinci, proyeksi pendapatan dan belanja daerah pada KUA-PPAS APBD 2019 Konsel mencapai Rp 1,5 triliun. “Jadi ada peningkatan Rp Rp 143 miliar atau 10,54 persen dari anggaran 2018,” hitungnya. Sementara dari segi belanja daerah, pada perubahan anggaran 2018 mencapai Rp 1,6 triliun dan 2019 ini direncanakan Rp 1,65 triliun atau naik sekitar Rp 42 miliar.

Pihak DPRD meminta agar Pemkab Konsel memiliki strategi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). “Sehingga pencapaian PAD Konsel bisa lebih maksimal. Kami berharap pada tahun anggaran 2019 ini ada terobosan baru. Khususnya sektor pariwisata, perikanan dan kelautan, peternakan dan pertanian dalam arti luas sebagai upaya optimalisasi,” papar Tasman.

Sementara itu, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi dukungan DPRD Konsel khususnya dalam kesepahaman penyusunan KUA-PPAS 2019. Pihaknya masih fokus pada peningkatan infrastruktur serta upaya menurunkan angka kemiskinan. “Dari asumsi yang disusun pada KUA-PPAS tahun 2019, anggaran naik sekitar lima hingga enam persen. Saya berharap khususnya para pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) bisa menetapkan agenda prioritas. Supaya visi misi kita dalam RPJMD Konsel segera terwujud,” tandasnya. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top